Peristiwa

Jalur Pendakian Lawu Jawa Tengah Dibuka Uji Coba, Cemoro Sewu dan Singolangu Masih Ditutup

Jalur pendakian Cemoro Sewu masih ditutup sejak 3 Juli 2021. (Foto: Fatihah Ibnu Fiqri)

Magetan (beritajatim.com) – Perhutani BKPH Lawu Selatan Ds belum memutuskan untuk membuka jalur jalur pendakian Cemoro Sewu dan Singolangu masuk Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Meski jalun lain yang ada di Jawa Tengah yakni Cemoro Kandang sudha memulai uji coba, belum ada pengumuman terkait pembukaan jalur yang masuk wilayah Jatim tersebut.

Asisten Perhutani BKPH Lawu Selatan Ds Puguh Yudhi Prasetyawan membenarkan kalau penutupan jalur pendakian untuk menghindari penyebaran virus corona. Penutupan dilakukan semenjak diberlakukannya PPKM Darurat Juli lalu. Namun, sampi kini belum ada instruksi lebih lanjut dari pimpinan berikut dari pemerintah setempat untuk membuka jalur.

“Masih ditutup sampai saat ini, belum ada instruksi lebih lanjut terkait uji coba atau mekanisme lain. Lagipula kini wilayah Magetan kembali masuk dalam Level 4,” terang Puguh.

Pun, pihkanya akan menyesuaikan dengan kondisi. Jika sudah dinyatakan aman sesudah itu, pihaknya juga siap membuka kembali. Jika masih harus diperpanjang maka akan dilaksanakan perpanjangan waktu penutupan. Lantaran, pihaknya memang tidak diinstruksikan untuk melakukan pencegahan. “Ya akhrinya pilihannya tetap harus tutup,” ungkapnya.

Dia menyebut kalau larangan mendaki juga lebih dipertegas. Lantaran, tak akan ada petugas yang bersiaga di kedua jalur tersebut. Jika terjadi keadaan darurat maka pertolongan bisa jadi terlambat dan akan membahayakan pendaki. “Kami harap pendaki bisa bersabar. Belum bisa menggunakan jalur pendakian yang lewat jalur Jawa Timur,” terang Puguh. (fiq/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar