Peristiwa

Jalur Pendakian Ditutup, Pemadaman Hutan Gunung Panderman Dilakukan Esok

Dokumentasi BPBD Kota Batu.

Malang (beritajatim.com) – Tim Gabungan BPBD Kota Batu, TNI, Polri, Perhutani, dan relawan memutuskan pemadaman di hutan Gunung Panderman, Kota Batu, dilakukan pada Senin pagi, (22/7/2019).

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan, fokus utama tim gabungan dalam menangani kebakaran di Gunung Panderman, pada Minggu, (21/7/2019) adalah melakukan evakuasi para pendaki.

“Penanganan kebakaran hutan dan lahan hari Minggu malam diutamakan evakuasi pendaki yang berada di Gunung Panderman. Kebakaran terjadi di petak 227. Untuk selanjutnya penanganan malam ini dilakukan pemantauan dan antisipasi api agar tidak sampai ke perumahan warga,” kata Rochim.

Rencana pemadaman api bakal dilakukan esok hari. Tim gabungan dalam operasi pemadaman bakal mengutamakan hutan produksi. Karena menghindari hasil getah pinus yang mudah terbakar.

“Membuat sekat pembatas agar api tidak meluas. Aksi pemadaman akan dilaksanakan pada esok hari Senin pada pukul 06.30 WIB dengan titik kumpul di Pos Pendakian Gunung Panderman. Malam ini di fokuskan untuk penyiapan logistik, peralatan dan pengecekan kesiapan personel,” papat Rochim.

Sementara itu, demi keselamatan para pendaki. Jalur pendakian untuk Gunung Panderman dan Gunung Buthak yang berada di dekat area kebakaran hutan ditutup. Sampai batas waktu yang belum ditentukan. “Untuk akses dan perizinan pendakian Gunung Panderman dan Gunung Buthak mulai hari ini ditutup sampai waktu yang belum ditentukan,” tandasnya. (luc/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar