Peristiwa

Jalur Pantura Tuban Terendam Banjir, Arus Lalu Lintas Macet

Anggota dari Sat Lantas Polres Tuban saat mengatur arus lalu lintas akibat kemacetan dampak dari banjir yang terjadi di jalur pantura Tuban, Minggu (23/2/2020).

Tuban (beritajatim.com) – Kondisi jalur Pantura Tuban tepatnya di jalan Tuban-Surabaya sekitar Jembatan Kepet, Desa Tunah, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban terendam banjir bandang yang merupakan air kiriman dari wilayah penggunungan selatan Kota Tuban, Minggu (23/2/2020) sore.

Banjir yang merendam jalan nasional itu membuat arus lalu lintas di jalan tersebut sempat mengalami kemacetan panjang dan penumpukan kendaraan besar hingga beberapa kilometer. Arus kembali lancar setelah banjir surut dan terdapat petugas melakukan pengaturan arus.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, banjir yang merupakan luapan sungai merendam puluhan meter jalan raya Tuban-Surabaya itu. Ketinggian air berwarna kecloklatan yang merendam jalan itu mencapai lebih dari setengah meter.

“Ini sudah sering terjadi, kalau sungainya meluap ya pasti sampai ke jalan raya ini. Tahun lalu juga sudah seperti ini, tapi memang surutnya cepet, paling satu jam airnya sudah habis,” ujar Rustam (57), warga Dusun Kepet, Desa Tunah, Kecamatan Semanding, Tuban yang ikut kebanjiran itu.

Pada saat banjir baru menerjang jalan itu membuat sejumlah kendaraan kecil tidak berani untuk lewat lantaran arus deras dan juga debit air cukup tinggi. Selain itu juga banyak kendaraan sepeda motor yang mogok lantaran nekad menerobos arus banjir itu.

“Kalau waktu masih besar tadi itu banyak sepeda motor yanf mogok dan harus didorong. Untung ini airnya tidak sampai masuk rumah,” tambah Rustam.

Rustam menjelaskan, bahwa banjir yang merendam jalan nasional itu terjadi lantaran ada saluran pembuang air di bawah jalan tersebut masih kecil. Sehingga ketika terdapat banjir kiriman besar dari sungai yang ada, air langsung naik ke jalan raya dan membuat arus lalu lintas macet parah.

“Tadi ini macetnya dari Kepet itu sampai depan stadion yang dari arah Tuban ke Surabaya,” ujar Fajar, salah satu pengendara motor yang melintas.

Sementara itu, untuk mengatasi kemacetan panjang di jalur Pantura Tuban akibat terjadi banjir bandang itu sejumlah anggota dari Sat Lantas Polres Tuban lansung diterjunkan ke lokasi itu. Saat petugas datang air sudan mulai surut dan petugas kemudian mengurai arus yang mengalami penumpukan panjang. [mut/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar