Peristiwa

Jalur Kereta Api Stasiun Indro Gresik Kembali Beroperasi

Kereta Api Komuter Melintas di Stasiun Indro Gresik yang akan Melayani Penumpang

Gresik (beritajatim.com) – Sempat vakum sebagai moda transpotasi logistik. Jalur kereta api (KA) Stasiun Indro Gresik kembali beroperasi. Stasiun yang masuk wilayah kerja PT Kereta Api Daops 8 Surabaya itu kini melayani penumpang pada Rabu (10/2/2021).

Sebelum dioperasikan, manajemen PT Kereta Api Daops 8 Surabaya melakukan uji coba ke Stasiun Indro Gresik. Mereka mencoba melintasi jalur kereta api dari Gresik menuju ke Stasiun Kandangan, Banjarsugihan Tandes, Surabaya.

Semula jalur kereta api tersebut, sudah lama tidak dioperasikan mengangkut penumpang puluhan tahun. Terakhir, pada tahun 2016 jalur ini pernah dioperasikan untuk mengangkut logistik hingga Stasiun Indro. Namun, tak lama kemudian jalur kereta api ini kembali tidak dioperasikan.

Humas PT Kereta Api Daops 8 Surabaya Luqman Arif menuturkan, tiga hari kedepan jalur ini dibuka lagi melayani penumpang. Sesuai rutenya dimulai dari Stasiun Indro, Stasiun Pasar Turi Surabaya hingga Stasiun Sidoarjo.

“Dari hasil uji coba dengan kereta penumpang cukup bagus. Tidak ada kendala dalam reaktivasi rel kereta api dari Gresik yang akan diresmikan kembali,” tuturnya, Minggu (7/02/2021).

Masih menurut Luqman Arif, kereta api penumpang akan digunakan merupakan kereta api komuter dengan empat gerbong melayani jalur dari Stasiun Indro Gresik, Stasiun Surabaya Pasar Turi kemudian lanjut ke Stasiun Sidoarjo.

“Jadwal kereta Komuter ini berangkat dari Stasiun Indro Gresik jam 12.40 wib, tiba di stasiun Pasar Turi Surabaya pukul 13.15 wib lalu berangkat lagi jam 13.30 wib, tiba di Stasiun Sidoarjo jam 14.40 dengan tarif Rp 5.000.

Kepala Stasiun Indro Gresik, Mawan Novianto mengatakan, ada tiga jalur rel kereta di Stasiun Indro. Pihaknya berbenah melakukan sejumlah perbaikan menjelang diaktifkan kembali jalur kereta api tersebut.

“Kami sudah melakukan renovasi di Stasiun Indro, mulai dari ruang tunggu, ruang loket untuk penumpang secara protokol kesehatan ketat, mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak dan usahakan penumpang mengenakan baju lengan panjang,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk penumpang diusahakan membeli tiketnya tiga jam sebelum keberangkatan.

“Beli tiketnya bisa langsung tapi tiga jam sebelum berangkat karena menyesuaikan tempat duduk,” imbuhnya.

Beroperasinya kembali jalur kereta api dari Gresik ini, disambut positif oleh Raditya Firmansyaj (26). Warga asal Pulopancikan Gresik itu, semula hanya bisa melihat kereta api barang yang melintas. Tapi dalam waktu dekat dirinya akan mencoba kereta api komuter ini.

“Kami antusias karena ada kereta api lagi di Gresik. Kalau pergi ke Surabaya hingga Sidoarjo bisa memanfaatkan jasa moda transpotasi ini,” pungkasnya. (dny/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar