Peristiwa

Jalan Tol Singosari-Pakis Malang Mulai Dioperasikan Tanpa Tarif 

Malang (beritajatim.com) – PT Jasamarga Pandaan-Malang (JPM) akan membuka ruas jalan tol Seksi IV (Singosari-Pakis) akan mulai dibuka  Jumat (1/11/2019) secara gratis bagi pengguna jalan tol.

Humas PT JPM, Agus Tri Antyo mengatakan, pengoperasian ruas tol Seksi IV ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 1026/KPTS/M/2019, tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Pandaan Malang Seksi IV (Singosari-Pakis).

“Ruas jalan tol di seksi IV yang memiliki panjang 4,75 Kilometer tersebut kami buka dan belum bertarif mulai pukul 06.00 WIB,” ungkapnya.

Menurut Agus, pembukaan operasi Tol Pandaan-Malang Seksi IV itu dioperasikan tanpa tarif (Rp 0,-) dalam rangka memberikan sosialisasi yang lebih optimal kepada masyarakat.

“Sementara masih gratis. Tarif tol akan mulai diberlakukan pada Kamis, 7 November 2019 pukul 00.00 WIB dengan besaran tarif tol sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1027/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Pandaan Malang,” jelasnya.

Kata Agus, para pengguna jalan dari Wilayah Pandaan yang keluar di Gerbang Tol (GT) Pakis, tetap membayar tarif tol asal gerbang hingga GT Singosari, begitu juga sebaliknya yang masuk dari GT Pakis keluar di Gerbang Tol wilayah Pandaan hanya membayar tarif tol dari GT Singosari.

“Pemberlakuan tarif gratis untuk seksi IV ini sebagai sosialisasi akan beroperasinya Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 4 (Singosari-Pakis),” tegasnya.

Sosialisasi operasional tol Seksi IV ini, tambah Agus, juga telah disebarkan melalui media sosial, spanduk, dan Variable Message Sign (VMS).

“Untuk menghindari saldo kurang yang berpotensi menimbulkan antrian panjang di Gerbang Tol, pengguna jalan dihimbau untuk selalu memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum melakukan perjalanan,” pungkasnya.

Sekedar informasi, pembangunan Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km ini telah selesai pada 16 Oktober 2019 ditandai dengan diterbitkannya Sertifikat Laik Operasi Nomor PB 0201-Db/986 dari Direktorat Jenderal Bina Marga dan telah digunakan sebagai jalan fungsional untuk membantu kelancaran arus mudik dan balik selama libur Lebaran tahun 2019.

Dengan beroperasinya seksi 4, Jalan Tol Pandaan-Malang telah mengoperasikan 35,375 km dari total 38,488 km panjang jalan tol. Sedangkan, untuk seksi 5 (Pakis-Malang) sepanjang 3,113 km masih dalam tahap konstruksi.

Saat ini, pengguna jalan dari Surabaya menuju Malang Kota dapat memilih keluar melalui Gerbang Tol Pakis. Dengan demikian kemacetan yang terjadi di Jalan Raya Karanglo dan Jalan Jenderal Achmad Yani menjadi berkurang. Demikian pula untuk pengguna jalan yang tinggal di sekitar Singosari, Karang Ploso apabila menuju Malang Kota dan Bandara Abdul Rahman Saleh dapat melalui ruas Singosari-Pakis. (yog/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar