Peristiwa

Jalan Tembus Sarangan Magetan Aman Saat Libur Nataru, Kasat Lantas: Kendaraan Berat Jangan Lewat

Jelang libur Natal dan Tahun Baru, Kasat Lantas Polres Magetan lakukan cek jalur jalan tembus Sarangan Tawangmangu, Kecamatan Plaosan, Magetan.

Magetan (beritajatim.com) – Jalur pegunungan Jalan Tembus Sarangan-Tawangmangu masuk Kecamatan Plaosan Kabupayen Magetan Jawa Timur diklaim aman dilalui saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Namun, kendaraan berat masih dilarang lewat karena ada satu titik yang rawan longsor.

Kasat Lantas Polres Magetan AKP Trifonia Situmorang mengungkapkan dari hasil cek jalur libur Nataru utamanya kawasan Jalan Tembus, ada beberapa hal yang jadi catatan.

Selain adanya jalan yang rawan longsor, pihaknya juga menyoroti rambu lalu lintas yang sudah rusak atau tidak jelas karena aksi vandalisme. Pun, untuk lampu jalan dipastikan menyala meski cenderung lebih gelap karena ada di kawasan hutan.

“Hasil pantauan kami bersama dinas PU Magetan ya memang ada jalan rawan longsor kemarin. Kami sudah antisipasi dengan pasang rambu-rambu. Kami sudah menyurati Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Timur karena jalan tersebut jalan provinsi,” kata Trifonia pada beritajatim.com, Kamis (1/12/2022)

Selain itu, untuk rambu lalu lintas juga sudah dilaporkan pada Pemprov Jawa Timur. Menurut pengamatannya, ada beberapa rambu yang rusak karena kecelakaan, bencana alam, berikut ada pula yang kena coretan vandalisme yang membuat rambu-rambu jadi tak terlihat.

“Ada beberapa rambu jalan yang sudah tidak kelihatan karena dicoret-coret. Sudah kami laporkan agar nanti segrra diganti. Untuk jalan juga sudah kami laporkan agar segera ada penanganan ya,” lanjut Trifonia.

Selebihnya, dia meminta pengguna jalan agar tetap waspada jika melintas di jalur pegunungan. Menjelang liburan diperkirakan akan ada peningkatan jumlah kendaraan yang akan melalui jalan tersebut. Sehingga, kendaraan angkutan barang selain yang membawa sembako dan BBM diminta melalui jalur tol.

Trifonia meminta masyarakat agar selalu mengecek kondisi kendaraan sebelum berrangkat telebih untuk melalui jalan pegunungan. Kondisi kendaraan harus prima untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Karena diprioritaskan yang kendaraan pribadi atau angkutan yang membawa sembako dan BBM saja. Kemudian, tetap hati-hati karena dikhawatirkan ada pohon tumbang atau longsor. Cuaca sedang tidak menentu, mohon kondisi kendaraan juga diperhatikan,” pungkasnya. (fiq/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar