Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Jalan Rusak, Warga Kauman Ponorogo Protes Lewat Tulisan-tulisan Satire

Salah satu tulisan di jalan rusak di Desa Kauman Kecamatan Kauman Ponorogo. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Ada-ada saja untuk menandai dalan yang rusak yang ada di wilayah Ponorogo. Di Desa/Kecamatan Kauman salah satu ruas jalan yang rusak, dipasangi tulisan-tulisan satire nan menggelitik. Tentu tulisan tersebut merupakan bentuk protes sosial tentang keadaan jalan yang musim penghujan ini mengalami rusak berat.

“Tulisan-tulisan yang dipasang di jalan rusak antara Dusun Kepek dan Dusun Banyuarum itu, baru dipasang 2 hari ini,” kata Kepala Desa Kauman, Mulyono, Selasa (23/11/2021).

Mulyono tidak tahu menahu siapa yang memasang tulisan-tulisan tersebut. Menurutnya permasalahan tulisan itu, bukan hanya sekali ini saja terjadi. Menurutnya, tahun lalu juga pernah ada, disaat musim penghujan mulai tiba. “Bukan sekali ini saja, tahun lalu saat memasuki musim penghujan juga ada tulisan tersebut,” ungkap Mulyono.

Dia menjelaskan jalan rusak yang terdapat tulisannya tersebut merupakan jalan kabupaten. Dimana menghubungkan dari wilayah Kecamatan Kauman menuju wilayah Kecamatan Sampung. Kerusakan ruas jalan itu, sekitar 800 meter.

Dulu, jalan tersebut sebenarnya sudah diaspal, namun karena sudah lama, jalan itu mulai berlubang dan rusak. “Dulu pernah diaspal. Saat ini ruas jalan yang rusak kurang lebih sekitar 800 meter,” ungkapnya.

Kerusakan jalan itu terjadi, lantaran banyaknya truk yang membawa muatan melewati jalan tersebut. Bahkan truknya pun berasal dari luar kota Kabupaten Ponorogo. Diakui Mulyono jika tidak semuanya truk bermuatan itu lewati jalan tersebut. Kerusakan jalan itu, beberapa minggu yang lalu pernah ditinjau petugas dari Kabupaten. Sebab, jalan tersebut merupakan jalan Kabupaten.

“Rusaknya memang sudah lama. Tetapi sudah ditinjau petugas dari Kabupaten. Yang jelas pemerintah sudah ada perhatian, saat ini tinggal pelaksanaan perbaikan jalannya saja,” pungkasnya. (end/kun)

Berikut beberapa tulisan satire yang dipasang di jalan rusak yang berada di Desa Kauman:

1. Sabar yo Bos, lewat dalan kene. Dalan desa bedo karo dalan kuto. .!

2. Bayar pajek yo ajek, kerjo bakti yo ngadek, neng nyapo dalanku kok biacek.

3.Bayar pajek telat didendo. Iki enek dalan buobrok ora rumongso.

4. Tempat latihan sepeda motor untuk test SIM C, gratis Boos. .!!


Apa Reaksi Anda?

Komentar