Peristiwa

Jalan Rusak Turut Jadi Faktor Pantai Malang Selatan Sepi Pengunjung

Jalan rusak di jalur menuju Pantai Malang Selatan (Foto: Brama Yoga Kiswara/beritajatim.com)

Malang (beritajatim.com) – Selain cuaca ekstrem dan imbauan BMKG, sepinya jumlah wisatawan di Pantai Malang Selatan karena kondisi jalur menuju tempat wisata yang rusak parah.

Kondisi jalur menuju tempat wisata Malang Selatan memang rusak parah. Terutama jalur koridor tengah yang melintas di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Jalan dikawasan itu rusak dan berlubang cukup parah. Kerusakan jalan ini lebih dari tiga kilometer. Terutama yang berada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur.

Kendaraan yang melintasi jalur inipun harus berhati-hati. Baik motor ataupun kendaraan R4 (mobil). Apalagi ketika hujan turun, jalan menjadi licin dan berbahaya.

“Padahal ini jalur wisata, tetapi kok dibiarkan rusak ya. Kerusakan jalan inipun sudah lama, namun tak segera ada perbaikan. Kalau terus dibiarkan, orang yang mau berwisata ke Pantai Malang Selatan jadi malas,” ungkap Warsono, salah satu wisatawan asal Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang yang berwisata ke Pantai Balekambang bersama keluarganya, Minggu (1/1/2023).

Jalur koridor tengah ini sebetulnya menjadi jalur utama wisatawan yang mau berwisata ke Pantai Malang Selatan. Terutama sejak dibangunnya Jembatan Pelangi.

Selain jalannya lebih lebar, jarak tempuh menuju ke tempat wisata juga lebih singkat. Sekaligus bisa dilewati kendaraan besar seperti bus.

Dibandingkan dengan jalur koridor timur yang melewati Kecamatan Sumbermanjing Wetan, yang kondisi jalannya sempit dan berbelok-belok. Namun sudah bertahun-tahun, kondisi jalan rusak dan berlubang di koridor tengah tak kunjung diperbaiki.

Padahal destinasi wisata di Pantai Malang Selatan, menjadi salah satu prioritas utama Pemerintah Kabupaten Malang untuk meningkatkan pendapatan daerah.

Plt. Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Malang, Suwiknyo, masih belum bisa dikonfirmasi terkait kerusakan jalan rusak dan berlubang. Ketika dihubungi, Suwiknyo beralasan masih sibuk.

“Masih rapat,” jawabnya singkat melalui pesan WhatsApp. [yog/beq]

Apa Reaksi Anda?

Komentar