Peristiwa

Jalan Rusak di Jember Lebih Panjang daripada Jalur Pantura Surabaya-Jakarta

Pemkab Jember segera memperbaiki jalan rusak tahun ini. Selama ini, sebelum ada APBD, perbaikan jalan dilakukan mandiri oleh masyarakat. [foto: istmewa]

Jember (beritajatim.com) – Panjang jalan rusak yang akan diperbaiki tahun ini di Kabupaten Jember, Jawa Timur, mencapai 1.088 kilometer, melebihi panjang 783 kilometer rute jalan Surabaya-Jakarta melalui pantai utara Jawa.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jember Rahman Anda mengatakan, sepanjang 1.018 kilometer rusak berat dan rusak ringan 66 kilometer. “Setelah kami lakukan survei kondisi jalan, panjangnya 1.088 kilometer,” katanya.

Kerusakan jalan ini tersebar di banyak lokasi. “Jalan-jalan poros banyak yang rusak,” kata Rahman.

Dengan keterbatasan anggaran, Rahman berharap bisa memperbaiki jalan rusak semaksimal mungkin. “Dengan mekanisme multiyears. Dengan total panjang jalan 1.088 kilometer itu target Pak Bupati bisa terealisasi dengan mekanisme multiyears,” katanya.

Pemkab Jember akan melakukan kontrak dengan penyedia. “Kami hanya membayar uang muka senilai 15 persen. Harapannya mereka sudah bisa menyelesaikan dengan kontrak tersebut. Penyelesaian tahun ini, penyelesaian pembayarannya bisa tahun depan,” kata Rahman. Diproyeksikan ada 53 paket perbaikan jalan tahun ini, dan multiyears sebanyak 30 paket perbaikan jalan.

Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim berharap pemkab membentuk tim reaksi cepat penambal lubang jalan. Tim ini berkoordinasi dengan kepolisian tentang jalan-jalan mana yang mendesak untuk ditambal sementara. “Bulan ini anggaran untuk menambal jalan (dalam peraturan bupati mendahului APBD) sebesar Rp 500 juta,” katanya. [wir/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar