Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Jalan Pucangro Lamongan Kini Dibuka Total

Kondisi jalan poros Sukodadi-Paciran, tepatnya di Desa Pucangro, Kecamatan Kali Tengah, Lamongan yang kembali dibuka.

Lamongan (beritajatim.com) – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Lamongan mengungkapkan, bahwa penanganan darurat yang dilakukan di jalan poros Sukodadi-Paciran tepatnya di Desa Pucangro, Kecamatan Kali Tengah, telah rampung.

Diketahui sebelumnya, jalan poros tersebut mengalami kerusakan parah akibat terendam banjir langganan yang terjadi tiap tahun. Hal itu menyebabkan banyak pengguna jalan yang terperosok akibat banyaknya lubang yang mengangga.

Selain itu, para pengguna jalan yang nekat menerjang genangan air banjir pun kerap mengalami kemacetan di bagian mesin motornya. Oleh sebab itu, Pemkab Lamongan memutuskan untuk melakukan penanganan darurat di jalan tersebut.

Selama penanganan tersebut, jalan Pucangro ini dipasang plang dan ditutup total mulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB. Hal itu dilakukan agar pengerjaan bisa berjalan maksimal.

Bahkan, Pemkab Lamongan juga memberlakukan jalur alternatif. Kini, usai penanganan darurat dirasa selesai, akhirnya jalan tersebut kembali dibuka.

“Hari ini, jalur sudah dibuka total mas, proses penanganan darurat untuk urukan deltu sudah selesai,” kata Kepala Dinas PU Bina Marga Lamongan, Sujarwo, saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (8/2/2022).

Lebih lanjut, perbaikan jalan poros Pucangro ini tak hanya berhenti di tahap ini. Sujarwo menyebut, pasca penanganan darurat ini nantinya akan dilanjutkan dengan pemerataan permukaan jalan.

“Tahap berikutnya kita lakukan pemerataan dan leveling dengan sirtu, tapi tidak sampai menutup jalan. Kita lihat kondisi di lapangan dan tingkat kepadatan lalu lintas, bisa buka total atau satu jalur,” paparnya.

Untuk diketahui, awal pengerjaan penanganan darurat ini sempat dikeluhkan oleh para warga, pasalnya material urukan yang bercampur air berubah menjadi lembek berlumpur.

Dari data yang diserap di Dinas PU Bina Marga Lamongan pada 24 Januari 2022 lalu, diperoleh informasi bahwa tahun ini akan dilakukan peningkatan jalan dengan konstruksi CBC atau cor beton, di ruas jalan Desa Pucangro yang rusak parah akibat banjir tersebut.

Kondisi jalan poros Sukodadi-Paciran, tepatnya di Desa Pucangro, Kecamatan Kali Tengah, Lamongan yang kembali dibuka.

Selain itu, ruas jalan ini akan ditinggikan dengan urugan sirtu/agregat A, yang pelaksanaannya bakal direalisasikan di bulan Maret-April mendatang. Sedangkan untuk saat ini masih proses melengkapi dokumen yang kemudian dilanjutkan proses lelang.

Lalu, mengenai jumlah anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan ruas jalan Pucangro tersebut yakni senilai Rp 4,8 miliar. Dengan panjang jalan yang dibangun kurang lebih 1,2 kilometer.

Lebih jauh, ruas jalan poros yang ada di Desa Pucangro ini sempat menjadi lokasi aksi ‘angon bebek’ pemuda Lamongan. Aksi ‘angon bebek’ ini dilakukan sebagai bentuk protes atas kekecewaan mereka terhadap lambannya pemerintah dalam mengatasi banjir. [riq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar