Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Jalan Pasar Gadang Hancur, Pemkot Malang Gerak Cepat Membenahi

 

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) mulai melakukan perbaikan jalan di Pasar Gadang, sejak Senin (25/10/2021) kemarin. Sejumlah alat berat dan petugas melakukan penanganan terhadap titik-titik kerusakan sepanjang koridor di kawasan Pasar Gadang.

Wali Kota Malang Sutiaji mengungkapkan perbaikan jalan menjadi salah satu bagian upaya meningkatkan kemudahan bagi pengguna jalan, termasuk pedagang dan pembeli di Pasar Gadang. Dia tidak ingin aktivitas jual beli di pasar induk terhambat akibat jalan rusak.

“Secara bertahap terus kita kuatkan pasar rakyat, sembari tentunya menunggu legalitas untuk revitalisasi fisik pasar. Niat kita adalah terus bergerak menuju golnya kesejahteraan,” ujar Sutiaji, Selasa, (26/10/2021).

Sementara itu, Kepala Dinas PUPRPKP Kota Malang Diah Ayu Kusumadewi, menjelaskan untuk saat ini proses perbaikan bersifat jangka pendek dengan fokus menambal kerusakan pada ruas jalan sepanjang 155 meter dengan lebar 7 meter. Pembiayaan dialokasikan melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk kegiatan pemeliharaan insidentil jalan pada tahun anggaran 2021.

Beberapa waktu terakhir, kondisi jalan di Pasar Gadang memang memerlukan penanganan segera demi kenyamanan maupun keamanan pengendara, utamanya jelang musim hujan.  Rencananya perbaikan ini dikebut dalam waktu 1 sampai 2 hari sehingga dapat segera memberi manfaat bagi pengguna jalan.

“Untuk pembenahan jangka panjang, Dinas PUPRPKP Kota Malang akan menindaklanjuti sesuai dengan program dan kegiatan yang telah disusun dalam rencana kerja perangkat daerah,” kata Diah Ayu Kusumadewi.

Terkait antisipasi kemacetan lalu lintas akibat proses pengerjaan fisik, Diah menuturkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang. Petugas yang disiagakan di lokasi membantu mengatur pergerakan kendaraan. Sehingga lalu lintas di sekitar lokasi pengerjaan relatif lancar.

“Mohon maaf bila ada ketidaknyamanan selama proses pengaspalan, Insha Allah kita tuntaskan secepatnya,” tandasnya. [luc/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar