Peristiwa

Jalan Nasional di Jombang Tergenang Banjir

Jombang (beritajatim.com) – Jalan nasional di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang, tergenang air, Kamis (4/2/2021). Praktis, kendaraan yang melintas di jalur nasional tersebut padat merayap.

Banjir tersebut dipicu oleh meluapnya sungai setempat atau Sungai Avour. Sungai itu tidak mampu menampung tingginya debit air. Pasalnya, hujan deras mengguyur kawasan Jombang dan sekitarnya sejak Rabu malam. Air dibarengi material kayu memenuhi aliran sungai.

Arus sungai kemudian meluber ke area persawahan di sekitar, juga tumpah ke jalan. Area sawah yang tersapu banjir diantaranya berada di Desa Mojokambang, Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Puncaknya, air bah naik ke jalan nasional. “Tadi pagi ketinggian air sekitar 30 centimeter. Semakin siang, air semakin surut. Sempat terjadi kemacetan,” kata Ali, warga setempat.

Sebelumnya, pada Rabu malam, banjir juga menerjang Desa Selorejo, Kecamatan Mojowarno. Air naik hingga setinggo pinggang. Namun air yang menggenang tersebut beramgsur surut. “Mulai pagi tadi sudah surut. Ini banjir yang kesekian kalinya,” kata Saiful, warga Selorejo.

Data di BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jombang menyebut, selain jalan nasional Gondangmanis, banjir juga melanda sejumlah desa di Kecamatan Bandar Kedungmulyo. “Yakni, Desa Banjarsari, Gondangmanis, Brangkal, dan Desa Pucangsimo,” ujar Stevi, relawan BPBD Jombang. [suf/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar