Peristiwa

Jalan Morowudi Cerme Gresik Masih Tergenang Banjir

Gresik (beritajatim.com) – Jalan Raya Morowudi Cerme, Gresik yang menghubungkan ke Kecamatan Benjeng, dan Balongpanggang atau sebaliknya masih tergenang banjir setinggi 50 centimeter.

Semula jalan kabupaten tersebut, air yang menggenangi badan jalan sempat surut. Namun, hujan deras tadi malam membuat jalan itu kembali tergenang.

Imbas jalan masih tergenang banjir akibat melupanya Kali Lamong, membuat para pengendara roda dua mencari jalan pintas. Sementara kendaraan roda empat dialihkan ke arah utara. “Sempat surut tapi saat ini tinggi lagi karena semalam hujan deras,” ujar Ahmad Choliq salah satu pengendara roda dua asal Benjeng, Gresik, Senin (21/12/2020).

Sementara itu berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik menunjukan bahwa, banjir hanya terjadi di wilayah Cerme. Puluhan hektar persawahan masih banyak tergenang. Desa Guraganyar, persawahan tergenang 60 hektar, tambak 40 hektar.

Kemudian, di Desa Pandu menggenangi jalan poros desa sepanjang 50 meter dengan ketinggian air 10 – 15 sentimeter. Desa Morowudi terjadi genangan di jalan lingkungan sepanjang 100 meter dengan ketinggiar air 10 – 15 sentimeter.

Selanjutnya, jalan poros desa Morowudi sepanjang 120 meter juga tergenang sekitar 15 sentimeter. Kemudian, jalan raya sepanjang 400 meter tergenang 50 sentimeter. Selain itu, puluhan rumah warga juga tergenang. Total ada 50 rumah di Desa Morowudi yang tergenang. Persawahan sebanyak 50 hektar dan tambak 25 hektar.

Desa Dungus jalan lingkungan sepanjang 60 meter tergenang 15 sentimeter. Dan jalan poros desa sepanjang 150 meter tergenang 20 sentimeter. Sebanyak 10 rumah dan makam di dusun kendal dan dungus juga terdampak.

Hal yang sama dialami di Desa Jono terdapat genangan di tambak 20 hektar, jalan lingkungan sepanjang 100 meter, ketinggian air 10 sentimeter. Serta tempat pemakaman dan ponkesdes.

Yang paling parah terjadi di Desa Tambak Beras. Jalan lingkungan sepanjang 350 meter tergendang dengan ketinggian 40 sentimeter. JPD sepanjang 2000 meter tergenang dengan ketinggian 60 sentimeter. Sebanyak 200 rumah terdampak dan sejumlah fasilitas umum. [dny/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar