Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Jalan Deandles Tuban Penuh Lumpur, Licin, dan Pengendara pun Terjatuh

Sejumlah warga bersama tim BPBD Tuban saat membersihkan lumpur di tengah jalan deandels Tuban. [Foto : M Muthohar]

Tuban (beritajatim.com) – Pasca terjadinya banjir bandang, kondisi jalan Deandels Tuban tepatnya di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban menjadi licin, Sabtu (20/11/2021). Kondisi jalur Pantura Tuban menuju Gresik itu dipenuhi lumpur tanah merah.

Akibat kondisi jalan yang terendam lumpur dan licin, sejumlah pengendara motor khususnya ibu-ibu banyak yang mengalami kecelakaan lantaran tergelincir. Kondisi jalan yang penuh lumpur itu juga membuat arus lalu lintas sempat tersendat.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com di lapangan, lumpur yang berada di tengah jalan raya itu merupakan sisa-sisa dari banjir bandang yang terjadi pada Sabtu dini hari. Banjir bandang tersebut bercampur lumpur langsung merendam akses jalan raya serta sejumlah rumah warga dan juga fasilitas umum seperti sekolahan dan juga masjid.

Sejumlah warga bersama tim BPBD Tuban saat membersihkan lumpur di tengah jalan deandels Tuban. [Foto : M Muthohar]
“Banjirnya memang lebih besar daripada biasanya, sampai masuk ke teras rumah. Terus airnya bencampur dengan lumpur,” kata Astumi (62), salah satu warga Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Tuban.

Lumpur sisa-sisa banjir bandang tersebut menutupi aspal jalan raya hingga beberapa centimeter. Sehingga lumpur-lumpur yang merupakan tanah merah itu kondisinya licin dan membuat sejumlah pengendara yang melintas banyak yang terjatuh.

“Tadi itu yang saya tahu ada tiga sepeda motor yang terjatuh. Memang rata-rata wanita yang jatuh, tadi waktu saya nolong itu seorang wanita yang habis belanja,” kata Madrun, yang juga warga setempat.

Sejumlah warga bersama tim BPBD Tuban saat membersihkan lumpur di tengah jalan deandels Tuban. [Foto : M Muthohar]
Mengetahui kondisi jalan yang berlumpur dan licin itu, sejumlah warga Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban itu langsung beramai-ramai membersihkan jalan. Selain itu, warga juga melaporkan kejadian itu kepada pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban

“Sejak pagi warga sudah sama-sama membersihkan lumpur yang ada di jalan dan juga rumah-rumah,” tambahnya.

Sementara itu, mendapatkan adanya laporan dari warga terkait keberadaan lumpur yang berada di jalan raya deandels itu pihak BPBD Tuban lansung menerjunkan tim. Sehingga petugas BPBD dengan beberapa mobil tangki dan juga mobil PMK membersihkan lumpur dengan cara menyemprot dengan menggunakan air.

“Kita terjunkan sebanyak 5 unit kendaraan. Dan masing-masing unit menghabiskan 6 rit (untuk membersihkan lumpur di jalan itu),” terang Yudi Irwanto, Kalaksa BPBD Tuban. [mut/but]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar