Peristiwa

Jalan Daendels Pantura Gresik Sudah Mulus

Gresik (beritajatim.com) – Jalan Daendels Pantura Gresik yang mengalami kerusakan sejauh 3 kilometer saat ini sudah mulus. Namun masih ada perbaikan di depan pintu gerbang JIIPE serta dua titik di sebelah utara. Masing-masing kurang 10-20 meter yang belum diaspal.

Di titik tersebut, ketebalan aspal dari Pelabuhan JIPPE ke utara atau sepanjang 1,3 kilo itu masih lapis satu. Sementara dari jembatan Manyar menuju ke JIPPE sudah lapis dua.

Kendati demikian, suasana kemacetan yang biasa terjadi di jalan nasional itu sudah tidak terlihat. Siang hingga sore sudah lancar tanpa kendala.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BBPJN VIII Merlan Efendi menuturkan pihaknya mendapat laporan beberapa hari yang lalu masih kurang 300 meter.

“Ya hari ini sudah selesai tetapi untuk jalan dari Pelabuhan JIPPE ke utara memang baru satu lapis aspal. Kalau yang timur sudah dua lapis,” ujarnya, Minggu (21/04/2019).

Jika dilihat sisi timur atau sepanjang 1,7 kilometer sudah beraspal setebal 40 centimeter. Sedangkan sisanya 1,3 kilometer atau sebelah pelabuhan JIPPE ke utara masih 20 centimeter. Rencananya jalan nasional itu bakal diaspal setebal 60 centimeter.

Saat ditanya lapisan aspal kedua kapan dilakukan. Merlan menjelaskan, terkait dengan itu masih menunggu jalan diaspal sepenuhnya. Kemudian pihaknya juga masih menunggu hasil uji kepadatan. Kalau lolos, proyek bisa dilanjut.

“Yang berdekatan dengan JIPPE itu lebih dulu diaspal. Nah yang kurang ini nanti sekalian,” ungkapnya.

Merlan menambahkan, dirinya meminta
kepada kontraktor tetap mempertimbangkan kualitas. Pasalnya, jalan tersebut termasuk lalu lintasnya padat.

“Sesuai schedule-nya diperkirakan akhir April 2019 nanti pengaspalan sudah selesai dilakukan,” tambahnya. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar