Peristiwa

Jaga Kelestarian Sungai, Lepas Seribu Bibit Ikan Lele

Kediri (beritajatim.com) — Pemerintah Desa Puhrubuh Kabupaten Kediri melepas seribu ekor bibit ikan lele ke sungai. Tujuannya, untuk menjaga kelestarian sungai sekaligus mewujudkan program Gemar Makan Ikan.

Pelepasan bibit ikan lele ini dilakukan bersama masyarakat. Aksi tersebut melibatkan tiga pilar keamanan yakni, Kepala Desa Puhrubuh, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Seribuan ekor bibit ikan lele dari plastik tersebut dilepas ke aliran sungai, agar berkembang biak. Penebaran benih ikan air tawar ini bertujuan untuk menjaga kelestarian air sungai yang kini ekosistemnya mulai terganggu.

“Supaya terumbu bisa hidup lagi. Terlebih saat ini kita galakkan Gemar Makan Ikan sebagai program Pemerintah Kabupaten Kediri dan Nasional,” kata Kades Puhrubuh, Juwari, Senin (13/1/2020).

Pihak desa akan membuat imbauan tentang perlindungan ekosistem sungai tersebut. Diantaranya berisi larangan untuk menggunakan alat strom dan bahan potasium untuk menangkap ikan, serta laramlngan memancing ikan ukuran kecil.

Untuk diketahui, sungai desa yang ditebari benih ikan ini berasal dari sumber mata air di lereng Gunung Wilis. Sungai ini mengalir melalui wilayah Kecamatan Semen, sebelum akhirnya masuk ke Sungai Brantas.

Air sungai ini dipergunakan untuk aneka kebutuhan sehari-hari masyarakat, diantaranya menjadi sarana irigasi pertanian Desa Sidomulyo, Petok dan Mondo. [nm/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar