Peristiwa

Jadi Relawan Vaksinasi, 60 Mahasiswa Merasa Bersyukur

Kediri (beritajatim.com) -Terpilih sebagai relawan vaksinasi, para mahasiswa dari institusi kesehatan ini merasa sangat bersyukur dapat terjun langsung dalam aksi kemanusiaan tekan angka Covid-19 di Kota Kediri. Rabu (7/7/2021) merupakan hari pertama mereka ditugaskan sebagai relawan disejumlah puskesmas yang ada di Kota Kediri. Sebanyak 60 relawan dari Poltekkes Kemenkes Malang Kampus IV Prodi Kebidanan Kota Kediri terjun di puskesmas-puskesmas yang ada di Kota Kediri

Fadhila Kusumasari (21) salah satu mahasiswi Poltekkes Kemenkes Malang Kampus IV Kediri mengatakan bahwa ia merasa senang sekali. “Alhamdulillah saya senang sekaligus bangga, sebab sebagai mahasiswa kesehatan, saya dapat ikut andil dalam percepatan pemberian vaksin Covid-19 di Kota Kediri,” ungkapnya, Rabu (7/7/2021).

Meski demikian, ia menyebutkan bahwa dirinya sempat merasa grogi saat bertugas dalam kegiatan vaksinasi untuk yang pertama kali. “Saya merasa grogi, tapi setelah melihat antusiasme masyarakat yang mengikuti vaksin begitu luar biasa saya menjadi menikmati dan merasa senang,” imbuh wanita yang ditugaskan di Puskesmas Pesantren ini.

Hal senada juga diungkapkan oleh Pepsilia Fransiska (21) yang bertugas di Puskesmas Sukorame. Ia menyebutkan bahwa sempat merasa grogi, beruntung ia dapat mengatasi rasa groginya tersebut. “Merasa grogi karena sudah lama tidak melakukan praktik di lapangan, tetapi saya sangat menikmati tugas ini, apalagi saat melihat antusiasme dari masyarakat,” ucap Pepsi, Rabu (7/7/2021).

Sementara itu, Amelia Eka Wardani (20) mengatakan alasan dirinya berkeinginan untuk menjadi salah satu dari tenaga relawan vaksinasi di Kota Kediri. “Karena saya ingin membantu dan beperan aktif dalam program percepatan vaksinasi di Kota Kediri, setidaknya ini yang dapat saya lakukan sebagai mahasiswi kesehatan untuk negara saya,” ujar Amel.

Amel sangat berharap Kota Kediri dapat dengan segera terbebas dari Covid-19. Begitu juga dengan Nisa Amala Muntasya (20) yang juga berharap supaya pandemi Covid-19 ini bisa segera belalu. “Saya sangat berharap semoga angka kasus Covid-19 di Kota Kediri dapat terus ditekan, setidaknya melalui agenda vaksinasi ini target membentu kekebalan kelompok dapat terpenuhi sehingga kita bisa segera terbebas dari pandemi,” ungkap Nisa penuh harap.

Susanti Pratamaningtyas, Kepala Program Studi Kebidanan Poltekkes Kemenkes Malang Kampus IV Kediri merasa bangga karena para mahasiswinya dengan penuh semangat terjun langsung dalam aksi yang mulia ini. “Kami (para dosen) merasa sangat terharu dengan semangat para mahasiswi kami, apalagi dimasa seperti ini (pandemi) semangat mereka sungguh luar biasa,” ungkapnya, Kamis, (8/7/2021).

Disamping itu, ia juga mengucapkan terimakasih kepada para orang tua/wali yang telah memberikan izin dan dukungan penuh untuk anak mereka sebagai relawan dalam melakukan aksi yang mulia ini. “Kami sangat berterimakasih atas izin dan dukungan penuh dari para orang tua/wali,” pungkasnya.

Sementara itu, dr.Siti Rahma, Kepala Puskesmas Pesantren 2 Kota Kediri merespon dengan baik peran dari para relawan mahasiswa yang ikut andil dalam kegiatan vaksinasi di Kota Kediri. “Peran mereka sangat dibutuhkan sekali, kami merasa sangat terbantu dengan keberadaan para adik-adik kita ini yang sudah bersemangat membantu upaya percepatan vaksinasi di Kota Kediri,” ucap dr. Siti, Kamis (8/7/2021). [nm/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar