Peristiwa

Jadi Kawasan Tertib Psysical Distancing, Warga Perumahan di Mojokerto Kompak Berjemur Bareng

Warga di Perumaham Zian Istana Residence berjemur di depan rumah masing-masing dan mendapatkan himbau langsung dari Waka Polres Mojokerto, Kompol David Triyo Prajoso. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Puluhan warga di Perum Zian Istana Residence Desa Menanggal, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto kompak berjemur. Selain mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19), Perumahan Zia Istana Residence merupakan salah satu Kawasan Tertib Psysical Distancing.

Tepat pukul 10.00 WIB, para warga Perumahan Zian Istana Residence langsung keluar rumah dan berbaris di depan rumah masing-masing. Dengan menjaga jarak aman, para warga langsung melakukan pemanasan dan kemudian berjemur. Waka Polres Mojokerto, Kompol Dovid Triyo Prajoso memantau langsung.

Waka Polres Mojokerto memberikan himbauan kepada warga untuk selalu berjemur, olahraga dan menjaga kebersihan. Setelah memberikan himbauan, Waka Polres Mojokerto bersama jajaran kemudian ikut serta berjemur bersama warga sembari bercengkerama.

Salah satu warga, Sutikno mengatakan, warga Perumahan Zian Istana Residence sudah rutin berjemur sejak dua minggu lalu. “Sudah 10 hari sampai 15 hari, ini kesepakatan warga sehingga kita bisa rutin minimal tiap hari, satu jam. Mulai pukul 09.00 WIB. Kalau Sabtu-Minggu rutin kita lakukan,” ungkapnya, Sabtu (4/4/2020).

Masih kata Sutikno, warga sepakat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan perumahan dengan cara berjemur di bawah terik sinar matahari. Ini juga lantaran Perumahan Zian Istana Residence merupakan salah satu Kawasan Tertib Istana Residence.

Kapolres Mojokerto, AKBP Feby DP Hutagalung melalui Waka Polres Mojokerto, Kompol Dovid Triyo Prajoso mengatakan, sebagaimana arahan dan petunjuk Kapolda Jawa Timur dan Kapolres Mojokerto di beberapa wilayah di Kabupaten Mojokerto saat ini sudah ditetapkan sebagai Kawasan Tertib Psysical Distancing.

“Dimana beberapa kuncinya, kita minta masyarakat untuk stay at home. Di rumah saja, nggak usah kemana-mana kalau tidak terlalu penting. Jaga jarak, pola hidup sehat, pola hidup bersih. Selain dengan mencuci tangan dan higienitas, kita juga meminta warga jangan lupa asupan gizi yang baik,” katanya.

Masih kata Waka, pihaknya juga meminta agar warga berolahraga. Salah satunya yakni olahraga pagi dan berjemur seperti Perumahan Zian Istana Residence. Berdasarkan beberapa ahli menyatakan, lanjut Waka, jika sinar matahari pukul 09.00 WIB mengandung ultra violet B untuk kulit dan menambah imunitas.

“Atas dasar itu, Bapak Kapolres Mojokerto meminta warga yang berasal di Kawasan Tertib Psysical Distancing menjaga kesehatan dengan berjemur di bawah sinar matahari sekitar setengah jam. Disarankan kepada warga agar tidak jenuh di rumah, kita sarankan dilakukan seminggu tiga kali,” ujarnya.

Waka menjelaskan, di wilayah hukum Polres Mojokerto ada 15 Kawasan Tertib Psysical Distancing yang terdiri dari dua sasaran yakni komplek perumahan dan lingkungan. Serta empat ruas jalan yang dilakukan kegiatan Kawasan Tertib Psysical Distancing setiap hari Jum’at, Sabtu dan Pagi.

“Pagi mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB dan malam hari pukul 19.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB. Kawasan Tertib Psysical Distancing ini akan terus dikembangkan demi mencegah laju penyebaran virus corona terutama di wilayah hukum Polres Mojokerto,” tegasnya.

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Mojokerto, AKP Bambang Sujadmiko menambahkan, Kawasan Tertib Psysical Distancing selain ada di komplek perumahan dan lingkungan serta ruas jalan, juga ada pemberdayaan masyarakat melalui poskamling di Desa Kutorejo, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto.

“Jadi ada satu kawasan di Desa Kutorejo, satu kawasan melaksanakan Psysical Distancing. Cara kerjanya sama, warga di lingkungan tersebut yang melaksanakan termasuk pengaman dari warga. Baru satu poskamling di satu desa, juga ada penutupan jalur di hari dan jam yang sana,” urainya.

Pihaknya berharap kepada warga agar mematuhi peraturan pemerintah yakni melaksanakan Psysical Distancing. Yakni jaga jarak, kurangi mobilitas, hindari tempat-tempat berkerumun, gunakan masker jika keluar, jaga kebersihan agar terhindar dari virus corona. Menurutnya, ke depan ada tambahan Kawasan Poskamling Psysical Distancing.

“Kita arahkan seluruh jajaran untuk kegiatan Psysical Distancing untuk dikembangkan. Ini diajukan dari polsek yakni yang terbaik, masukan dari polsek dan koordinasi dengan warga siap melaksanakan Psysical Distancing. Bukan penunjukan tapi kesadaran dari masyarakat termasuk kawasan tadi,” pungkasnya.[tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar