Peristiwa

Itjen Pantau Dapur Katering Jemaah Haji di Madinah

Madinah (beritajatim.com) – Tim Pemantau Penyelenggaraan Ibadah Haji Inspektorat Jenderal Kementerian Agama melakukan visitasi ke salah satu perusahaan katering penyedia makanan untuk jemaah haji Indonesia.

“Kita melihat apakah makanan di sini sudah sesuai dengan kontraknya, apakah sesuai dengan standar-standar yang sudah ditetapkan,” ujar salah satu anggota tim, Ifrokhatul Khusnah, Sabtu (27/7/2019), dikutip dari laman Kemenag.

Tim Pemantau katering memeriksa bumbu dapur yang didatangkan khusus dari Indonesia, melihat proses pengemasan makan malam yang tengah disiapkan untuk 3 kloter jemaah haji dari embarkasi Surabaya dan Solo.

Tim juga memeriksa kebersihan proses memasak, jumlah tenaga kerja, termasuk kelengkapan surat-surat yang dimiliki oleh perusahaan katering.

Ifrokhatul mengatakan, paling tidak ada enam aturan yang harus dipenuhi pemilik katering. Enam hal itu yakni lokasi. Menurut tim pemantau, lokasi dapur ini tidak terlalu jauh. Lalu dilihat faktor prasarana, meliputi ventilasi hingga pencahayaan dapur.

Selanjutnya sarana pengolahan yang melingkupi tungku, alat memasak, hingga meja. “Tenaga kerjanya dari Indonesia, sehat, dan kapasitasnya juga cukup,” kata Diana Fitri Dahli, yang juga turut dalam visitasi ini.

Lalu dilihat penjaminan mutunya, antara lain faktor higienis, bahan pangan. Sedangkan waktu penyajiannya, tim pemantau katering menilai, penyedia katering yang dikunjungi, sudah sesuai dengan waktu penyiapan untuk jemaah. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar