Peristiwa

Inovasi Daerah Jadi Grand Tema Webinar DRD Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Inovasi Daerah untuk Kesejahteraan Masyarakat menjadi grand tema Wibinar Nasional yang digelar Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Pamekasan di Kantor Bappeda Pamekasan Jl Jokotole 05, Rabu (21/10/2020).

Dalam kegiatan webinar tersebut, DRD Pamekasan mengundang Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transimigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar yang diplot sebagai keynote speaker. Termasuk tiga pemateri lain dari bidang berbeda.

Ketiga pemateri tersebut masing-masing Bupati Pamekasan, Badrut Tamam, Kepala Puslitbang Inovasi Daerah Kemendagri, Matheos Tan, serta Country Meneger BTG Group, Ferry Fernandi. Dipandu langsung oleh Founder Lebur TV, Imam S Rizal.

Dalam kesempatan tersebut tampak hadir Ketua DRD Pamekasan, Kadarisman Sastrodiwirdjo bersama jajaran pengurus, perwakilan Bappeda Pamekasan, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pamekasan, serta puluhan peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Imam S Rizal saat memandu program Webinar Nasional yang digagas DRD Pamekasan, Rabu (21/10/2020).

“Kegiatan seperti sangat penting untuk kita laksanakan untuk bersama mewududkan unggulan penentu kemajuan, terlebih dengan adanya Sistem Inovasi Nasional di tingkat pusat. Selanjutnya dikembangkan dalam bentuk Sistem Inovasi Daerah (SIDa) melalui realisasi pembentukan Dewan Riset Daerah,” kata Sekretaris DRD Pamekasan, Gazali.

Selain itu pihaknya menyampaikan kemajuan sebuah negara ditentukan oleh beberapa aspek, mulai dari inovasi, jaringan, teknologi hingga natural resours. “Berdasar survei Bank Dunia tentang faktor unggulan kemajuan suatu negara ditentukan oleh empat hal berbeda,” ungkapnya.

“Pertama inovasi dengan dengan peranan mencapai angka 45 persen, disusul networking dengan peranan 25 persen, teknologi dengan peranan 20 persen, serta 10 persen lainnya dari faktor natural resours,” jelas pria yang akrab disapa Pak Gazali.

Dari itu pihaknya menilai kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi gambaran bagi seluruh peserta untuk bersama melakukan berbagai program inivatif demi mewujudkan kesejahteran masyarakat. “Kami harapkan semoga kegiatan ini bermanfaat untuk kita semua, serta dapat menambah wawasan untuk mewujudkan kemajuan daerah lintas sektoral yang berorientasi untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Hingga berita ini ditulis, kegiatan Webinar Nasional DRD Pamekasan masih berlangsung. Di mana Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar masih memberikan sambutan melalui aplikasi zoom membahas seputar inovasi daerah demi kesejahteraan masyarakat. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar