Peristiwa

Inilah Titik Rawan Banjir di Kecamatan Rengel Tuban

Kapolres Tuban bersama Kalaksa BPBD Tuban saat meninjau Bengawan Solo dan pos siaga di Kecamatan Rengel

Tuban (beritajatim.com) – Meski terjadi peningkatan volume, namun debit air Bengawan Solo khususnya di wilayah Kabupaten Tuban masih dalam kategori aman. Sebagai bentuk antisipasi terjadi banjir, tim gabungan dari BPBD Tuban, Polres Tuban, TNI dan para relawan sudah melakukan persiapan. Salah satunya adalah dengan membuat pos siaga bencana yang berbeda di Kecamatan Rengel, Selasa (7/1/2020).

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Bandan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Yudi Irwanto menyatakan bahwa kondisi Bengawan Solo di wilayah Kabupaten Tuban itu masih aman. Namun demikian pihaknya terus melakukan pemantauan kondisi. “Sampai dengan sejauh ini Tuban masih aman. Kondisi air masih jauh di bawah siaga. Semoga yang di hulu juga terus surut,” terang Yudi.

Guna memastikan kondisi air dan juga keberadaan tanggul Bengawan Solo, Kalaksa BPBD Tuban bersama dengan Kapolres Tuban juga telah melakukan pengecekan tanggul yang ada. Dengan menggunakan perahu karet milik tim Sar, Kapolres Tuban bersama BPBD Tuban melihat bantaran Bengawan Solo yang belum ada tanggulnya.

“Kita sudah cek secara langsung kondisi tanggul Bengawan Solo. Yang menjadi titik rawan banjir ada tiga desa, utamanya di Kecamatan Rengel,” jelas Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono, saat berada di bantaran Bengawan Solo.

Kapolres memaparkan, tiga desa itu masing-masing adalah Tambakrejo, Kanorejo dan Desa Ngadirejo. Jika air luapan Bengawan Solo sudah masuk ke tiga desa tersebut biasanya akan meluas dengan merendam area persawahan di desa-desa lain di kecamatan itu.

“Kalau airnya sudah naik di tiga desa, maka ada dua desa lagi yang kena imbasnya, yaitu Karangtinoto dan Desa Bulurejo. Oleh sebab itum sejak sekarang antisipasinya sudah kita siapkan. Ini bagian dari tanggap bencana,” papar Kapolres Tuban yang juga melakukan pengecekan kesiapan pos siaga bencana di Kecamatan Rengel.

Dalam pengecekan kesiapsiagaan untuk penanganan jika terjadi bencana alam khususnya banjir, tim gabungan juga telah menyiapkan dapur umum di pos yang ada di kantor Kecamatan Rengel. Selain itu juga sudah disiagakan belasan perahu karet berikut juga perlengkapan lainnya. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar