Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Inilah 10 Fungsi Zakat yang Umat Muslim Patut Tahu

Surabaya (beritajatim.com) – Bagi umat Muslim, zakat adalah salah satu amalan wajib yang memberikan banyak berkah dan manfaat. Fungsi zakat juga telah disampaikan oleh Allah SWT di dalam Al-Qur’an sehingga sangat diyakini oleh para hamba-Nya.

Kepala Unit Usaha Syariah Bank OCBC NISP Mahendra Koesumawardhana menuturkan, szkat adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh umat Islam untuk diberikan kepada mereka yang berhak menerimanya, seperti fakir, miskin, mualaf, dan sebagainya dengan jumlah serta batasan-batasan menurut ketentuan Islam.

“Zakat juga termasuk dalam rukun Islam, dengan demikian peran dan fungsi zakat adalah untuk menegakkan sendi-sendi agama Islam sehingga hukumnya pun wajib bagi mereka yang mampu menunaikannya,” katanya.

Sebagai salah satu amalan wajib, zakat dimaksudkan untuk menjadi sarana tolong-menolong sesama manusia. Mahendra Koesumawardhana memaparkan 10 fungsi zakat, yaitu:

1. Membersihkan Harta

Salah satu fungsi zakat adalah untuk mensucikan harta. Mengapa demikian? Hal ini karena harta yang kita peroleh belum tentu terbebas dari sumber-sumber yang haram. Oleh karena itu, dengan mengeluarkan zakat, maka harta tersebut akan bersih dan halal bagi pemiliknya. Kesucian pada harta juga akan menjadikannya berkah. Jadi, tak harus melimpah, yang terpenting adalah selalu mencukupi kebutuhan dan membuat pemiliknya tenang.

2. Menumbuhkan Harta Secara Tidak Langsung

Fungsi zakat yang satu ini terbilang cukup istimewa. Meskipun Anda mengeluarkan sebagian harta untuk berzakat, namun pada dasarnya harta tersebut tidak berkurang, melainkan amalan tersebut akan meningkatkan kualitas hidupnya. Dengan demikian, hartanya justru akan semakin bertambah melalui berbagai sumber rezeki yang tak terduga. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam HR Muslim, yakni “Harta tidak akan berkurang karena sedekah (zakat)”

3. Meringankan Beban Ekonomi

Salah satu fungsi zakat bagi penerimanya adalah sebagai bentuk bantuan yang dapat meringankan kondisi ekonomi. Dengan adanya zakat, masyarakat fakir dan miskin akan memiliki cadangan uang atau makanan untuk beberapa hari kedepan. Demikian pula dengan golongan penerima zakat lain seperti gharim, yakni orang yang tidak mampu membayar hutang. Bagi mereka, zakat akan sangat bermanfaat untuk membayar hutang maupun memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

4. Wujud Taqwa dan Keimanan

Harta dan kekayaan seringkali diperoleh dengan susah payah, sehingga pemiliknya akan menjaga dan tidak rela memberikan begitu saja kepada orang lain. Namun, keberadaan zakat sebagai salah satu rukun islam menjadikannya wajib untuk ditunaikan oleh umat Islam.

Pengamalan ibadah zakat menandakan seseorang memiliki iman dan ketakwaan. Hal ini karena orang tersebut menunjukkan ketaatan serta keyakinannya dengan menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah dalam Al-Qur’an.

5. Mengembalikan Kesucian Hati

Fungsi zakat selanjutnya adalah menghilangkan sifat rakus, boros, dan berbagai sifat buruk berkaitan dengan harta sehingga dapat mensucikan hati si pemberi zakat. Selain itu, berzakat akan membiasakan diri untuk membantu orang lain tanpa pamrih. Dengan berzakat, Anda akan menyadari bahwa di dalam harta tersebut, terdapat hak orang lain yang membutuhkan. Oleh karena itu, lambat laun pemilik harta akan menjadi sosok rendah hati dan dermawan.

6. Mempererat Tali Persaudaraan

Selanjutnya, fungsi zakat adalah untuk mempererat ikatan persaudaraan sesama umat muslim. Melalui zakat yang diberikan, dinding pembatas antara si kaya dan si miskin akan semakin menipis. Dengan demikian, berbagai prasangka dan rasa iri pun hilang karena masing-masing pihak memiliki kesadaran untuk membantu satu sama lain. Pada akhirnya, tercipta tali persaudaraan dan tenggang rasa di antara mereka.

7. Mendatangkan Kebaikan bagi Hidup

Fungsi zakat yang satu ini mungkin seringkali tak diduga oleh banyak orang. Tiap zakat yang Anda keluarkan ternyata tak hanya mendatangkan pahala, namun juga melancarkan rezeki, memberi ketenangan hati, dan mempermudah berbagai urusan. Selain itu, kebaikan ini juga bisa datang dari doa orang-orang yang terbantu oleh zakat Anda.

8. Mencapai Kesejahteraan Umat

Sebagaimana telah disebutkan di atas, salah satu fungsi zakat adalah meringankan beban ekonomi orang lain. Amalan zakat juga membantu peredaran harta sehingga tidak menumpuk pada segelintir orang. Dengan demikian, zakat dapat mencapai kesejahteraan umat.

9. Mengurangi Kesenjangan dan Kriminalitas

Kemiskinan dan kesenjangan ekonomi seringkali menimbulkan prasangka buruk maupun rasa iri. Kondisi ini seringkali didukung oleh tingginya angka pengangguran sehingga memicu terjadinya tindakan kriminal berupa pencurian atau perampokan. Salah satu fungsi zakat adalah memperkuat keimanan penerimanya. Melalui zakat, mereka dapat memenuhi kebutuhan pokok sehingga percaya bahwa Allah akan selalu menolongnya. Dengan demikian, mereka tidak akan terhimpit oleh kondisi yang mendorong tindak kriminal.

10. Memperkuat Keimanan Penerima Zakat

Salah satu golongan yang berhak menerima zakat adalah para muallaf, yakni orang-orang yang baru masuk Islam. Tak bisa dipungkiri, beradaptasi pada kepercayaan baru tentu sangat sulit dan butuh banyak kesabaran untuk menghadapi cobaan. Agar iman para muallaf ini tidak goyah, maka mereka patut untuk mendapatkan zakat sehingga mereka akan menyadari bahwa ada banyak umat muslim yang selalu menolong dan mendukungnya. [but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar