Peristiwa

Ini Sosok Pengganti Gus Sholah

KH Abdul Hakim Mahfud atau Gus Kikin Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang

Jombang (beritajatim.com) – Pengasuh pesantren Tebuireng Jombang KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah wafat pada Minggu (2/1/2020) malam. Lantas siapa yang akan mengganti posisi Gus Sholah sebagai pengasuh?

Adalah KH Abdul Hakim Mahfud atau Gus Kikin yang akan menggantikan posisi Gus Sholah sebagai pengasuh. Hal itu diakui oleh Gus Kikin ketika dikonfirmasi di dalem kasepuhan Tebuireng, Senin (3/2/2020).

Bahkan, menurut Gus Kikin, amanah itu sudah ia terima empat tahun lalu. Oleh sebab itu, sejak 2016, Gus Kikin sudah menempati dalem kasepuhan. Sedangkan Gus Sholah membangun rumah di sebelah utara komplek makam.

“Sejak empat tahun terakhir, Gus Sholah sering menjalani perawatan di rumah sakit. Akhirnya, dalam musyawarah keluarga memutuskan saya sebagai wakil pengasuh,”  kata Gus Kikin berkisah.

Gus Kikin mengungkapkan, selama empat tahun dirinya dikader oleh Gus Sholah. Dimintai menemui tamu-tamu yang datang ke Tebuireng hingga diajak meresmikan cabang pesantren Tebuireng di luar pulau.

“Terakhir, kami meresmikan cabang pesantren Tebuireng di Kalimantan,” ujar Gus Kikin yang merupakan cicit dari pendiri Nu Hadratus Syaikh Hasyim Asyari ini.

Disinggung soal silsilah keluarga, Gus Kikin mengungkapkan, dirinya merupakan generasi keempat dari Kiai Hasyim Asyari. Sedangkan Gus Sholah adalah generasi ketiga.

“Nenek saya, Nyai Khoiriyah adalah putra pertama KH Hasyim Asyari. Bu Nyai Khoriyah merupakan kakak kandung KH Wahid Hasyim,” pungkas Gus Kikin.

Gus Sholah mengembuskan nafas terakhirnya pada Minggu (2/2/2020) sekitar pukul 20.55 di RS Harapan Kita Jakarta usai menjalani operasi penyakit jantung. Gus Sholah adalah pengasuh pesantren Tebuireng yang ketujuh atau 2006 hingga 2020, sejak generasi sang kakek KH Hasyim Asyari (1899-1947).

Gus Sholah, lahir di Jombang 11 september 1942. Mantan Wakil Ketua Komnas HAM ini merupakan putra ketiga dari enam bersaudara dari pasangan KH Wahid Hasyim dan Nyai Hj. Sholihah.

Gus Sholah menempuh pendidikan umum mulai dari SD Perwari Salemba, SMP Negeri 1 Cikini, kemudian SMA Negeri 1 Budi Utomo hingga menamatkan kulaihnya di jurusan Arsitek ITB (Institut Teknologi Bandung). [suf/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar