Peristiwa

Ini Penyebab Munculnya Suhu Panas di Keramik UKS SDN Tropodo

Sidoarjo (beritajatim.com) – Setelah dilakukan penggalian atau pembongkaran pada keramik ruang UKS SDN Tropodo Krian, yang mengeluarkan suhu panas oleh tim PJU da DLHK Sidoarjo, diketahui sumber panas yang timbul akibat adanya besi tertancap arde listrik/ground.

Setelah arde listrik diputus dan aliran listrik juga diputus, sampai 30 menit, bongkaran keramik tidak panas atau sudah dingin. Petugas PJU/PLN Herlambang menyebutkan, hasil kajian bahwa adanya suhu panas yang keluar dari keramik, dikarenakan ada kabel terbalik.

Arus plus, seharusnya arde bergabung dengan minus sehingga menimbulkan konslet kontak jaringan dan berdampak mengeluarkan suhu panas di arde listrik yang ditanam di bawah keramik ruang UKS. “Karena ada terbalik pada arde listrik,” kata Herlambang Jumat (3/1/2020).

Herlambang menambahkan, tim PJU juga sudah melaporkan hal ini ke Wabup H. Nur Ahmad Saifuddin. “Kami sudah melaporkan suhu panas yang timbul dikeramik lantai, dikarenakan ada arde listrik tidak pas pemasangannya,” tandasnya.

Setelah dilakukan perbaikan suhu panas yang muncul di bawah keramik, sudah tidak ada lagi. Petugas PLN dan DLHK juga menyatakan kondisi tersebut aman. (isa/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar