Peristiwa

Ini Penyebab Fenomena Tanah Berasap di Jombang

Jombang (beritajatim.com) – Fenomena tanah berasap dan berhawa panas di Dusun Ngemplak, Desa Ngudirejo, Kecamatan Diwek, Jombang akhirnya terkuak. Hal itu setelah adanya kepastian dari PLN (Perusahaan Listrik Negara) setempat, Selasa (15/10/2019).

“Tanah bersuhu panas dan berasap yang sempat membuat heboh warga sekitar ini berasal dari kabel listrik lampu penerangan jalan yang dipasang secara ilegal,” kata Sutyanto, petugas pelayanan teknik PLN Jombang ketika berada di lokasi.

Dia menjelaskan, memanasnya tanah warga bukan disebabkan adanya gas beracun atau bahan lain yang bisa menimbulkam ledakan. Melainkan, karena adanya kabel listrik penerangan jalan yang terkelupas tepat di atas tiang listrik yang berdiri tegak di atas tanah panas dan mengeluarkan asap tersebut.

Setelah dilalukan pengecekan, lanjurnya, ternyata ada kabel listrik penerangan jalan yang terkelupas dan menyentuh tiang besi. Nah, dalam tanah bertemu dengan kabel ground sehingga menimbulkan panas dan asap.

Suyanto juga memastikan, hawa panas dan kepulan asap ini sudah hilang sebab kabel bermassa tersebut sudah dilakukan pemutusan oleh petugas.

Sebelumnya, warga Dusun Ngemplak, Desa Ngudirejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, dibuat gempar menyusul fenomena kepulan asap yang keluar dari tanah di pekarangan salah satu warga setempat. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar