Peristiwa

Ini Montir-Montir Cantik Binaan Pertamina Lubricant

Cilacap (beritajatim.com) – Tak banyak ABG perempuan mau menekuni profesi mekanik motor alias montir motor. Namun 2 ABG cantik dari Cilacap ini justru lebih memilih berlepotan minyak dan oli dibengkel. Keduanya adalah lulusan SMK di Cilacap yakni Erni Dwi Ana (18) dan Dwi Wahyuni Agustin (19).

Keduanya merupakan binaan dari program CSR PT Pertamina Lubricants yakni Enduros Student Program. Keduanya mampu menyisihkan ratusan pesaingnya yang sebagian besar pria dan mendapatkan modal usaha membuka bengkel baru dari PT Pertamina Lubricants.

Saat ini Erni sudah membuka Payau Bengkel dan seniornya Dwi Wahyuni Agustin telah memiliki 2 bengkel dengan nama Dombret Motor. Keduanya mendapatkan modal berupa peralatan bengkel mulai dari kompresor hingga semua jenis kunci dan peralatan kecil lainnya dari PT Pertamina Lubricants.

“Kami juga diberi bantuan pelumas dan itu sifatnya hibah. Dengan begitu kami tak perlu lagi kebingungan mencari modal usaha. Apalagi bapak saya sudah meninggal, jadi dengan bengkel ini saya bisa membantu membeli susu untuk adik bungsu saya,” ungkap Erni, yang memang sudah tertarik dunia mekanik sejak kecil itu.

Tak jarang kedua gadis ini digoda oleh pelanggannya. Beberapa justru bertanya kenapa mau menjadi montir yang jauh dari image feminim. “Sering ditanya juga kenapa mau kerja jadi montir. Lalu kami jawab, ini adalah pekerjaan halal dan kami memang suka mesin,” jelas mereka.

Perawakan Erni yang tinggi dan tomboy ini memang mampu menyakinkan pelanggannya, kini belum genap setahun membuka bengkel Erni sudah memiliki puluhan pelanggan tetap dan satu pegawai mekanik yang membantunya di bengkel. Namun Dwi Agustin yang akrab dipanggil Ayu justru sebaliknya, Ayu yang lebih feminim justru kini sudah memiliki cabang bengkel baru. Harapannya kedepan mampu menambah cabang lagi.

“Saya ingin nanti setelah menikah dan punya anak tak lagi jadi montir tetapi menjadi manager yang bisa mengelola banyak bengkel,” ungkap anak bungsu yang bapaknya berprofesi sebagai montir sepeda pancal ini.

Sementara itu, Rustam Aji, Unit Manager Communication& CSR Pertamina MOR V mengaku setiap anak perusahaan di Pertamina miliki program unggulan sendiri-sendiri dan diharapkan mampu memberikan dampak langsung bagi masyarakat. Diantaranya menciptakan enterpreneurship baru ditengah masyarakat. [rea/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar