Peristiwa

Ini Dia CJH Tertua di Jatim, Umurnya 107 Tahun

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab bersama Sumiati

Jombang (beritajatim.com) – Langkahnya perlahan tapi pasti. Pendengarannya masih tajam, begitu pula dengan penglihatnnya. Padahal usia Sumiati, tak muda lagi. Nenek dengan empat cucu ini sudah berumur satu abad lebih, tepatnya 107 tahun.

Sumiati adalah salah satu CJH (Calon Jemaah Haji) asal Kabupaten Jombang. Dia berangkat pada 23 Juli 2019 mendatang. Semua persiapan sudah selesai dilakukan. Pada Senin (15/7/2019), Sumiati kedatangan tamu istimewa. Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab datang ke rumahnya.

Sumiati menyambutnya dengan senang. Begitu tamunya datang, wanita kelahiran 1 Juni 1912 ini tak lupa bersalaman. Keduanya kemudian mengobrol di ruang tamu. Sumiati duduk di kursi panjang dengan bupati. Orang nomor satu di Jombang ini menanyakan tentang kesiapan Sumiati untuk berangkat ke Tanah Suci.

Meski sudah lanjut usia, obrolan Sumiati tanpa kendala. Dia bisa menjawab pertanayan yang dilontarkan bupati. Keduanya terlihat akrab. Bahkan sesekali mereka berangkulan. “Kedatangan kami untuk melihat persiapan Ibu Sumiati. Sekaligus melihat kondisi kesehatannya. Alhamdulillah, semuanya baik,” ujar Bupati Mundjidah.

Bagimana dengan Sumiati? Nenek yang usianya 107 tahun ini mengatakan, dirinya sehat dan siap untuk menjalankan rukun Islam kelima. Namun demikian, Sumiati mengaku sempat mengeluhkan sakit perut hingga dibawa ke rumah sakit. Walhasil, setelah mendapatkan perawatan, kondisinya membaik.

“Alhamdulillah kondisi saya sekarang sehat. Saya sudah siap menunaikan ibadah haji. Semoga semuanya bisa terlaksana hingga tuntas dan menjadi haji mabrur,” kata Sumiati dengan aksen yang masih jelas.

Sumiati mengaku, mendaftar sebagai jemaah haji pada 2016. Karena masuk kategori usia lanjut, maka dia langsung berangkat di 2019 ini. Sumiati berangkat ke Tanah Suci dengan didampingi anaknya.

Sementara, Kasi Haji Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Jombang H Salim Basawad mengatakan bahwa Sumiati terdaftar sebagai CJH tertua se-Jawa Timur. Oleh sebab itu, pihaknya menyiapkan petugas khusus untuk mendampingi dan melayani jamaah berusia lanjut, termasuk Sumiati.

Jamaah haji Kabupaten Jombang rencananya diberangkatkan pada 23 Juli 2019 dalam tiga kloter (kelompok terbang). Mereka diberangkatkan melalui Embarkasi Surabaya. Jumlah CJH Kabupaten Jombang tercatat sebanyak 1001 orang. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar