Peristiwa

Ini Cara PDIP Gresik Peringati Hari Lahir Pancasila Ditengah Pandemi Covid-19

Gresik (beritajatim.com) – 1 Juni 2020, rakyat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Awal ditetapkannya sebagai hari nasional itu, tak lain dikarenakan pada tanggal tersebut, Pancasila diucapkan pertama kalinya oleh Presiden Ir.Soekarno pada sidang BPUPKI.

Pancasila kemudian diputuskan menjadi dasar negara untuk mencapai tujuan negara sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Dalam memperingati lahirnya dasar negara, DPC PDIP Gresik punya cara sendiri memaknai Hari Lahir Pancasila ditengah pandemi Covid-19.

“Untuk memaknainya kami menggelar beberapa lomba yang dikemas dengan Bulan Bakti Bung Karno melalui virtual ditengah pandemi Covid-19,” kata Ketua DPC PDIP Gresik, Mujid Ridwan, Selasa (2/06/2020).

 

Sejumlah lomba yang digelar secara virtual antara lain, lomba pidato, penulisan cerpen tentang Bung Karno, lomba puisi serta lomba memasak resep nusantara.

Pancasila

“Semua lomba itu dikirim secara virtual mengingat di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir, tidak diperkenankan ada kerumunan massa,” ujar Mujid Ridwan.

Masih menurut Mujid Ridwan, memaknai Pancasila di era 4.0
tidak harus dengan berperang, cukup dengan mengamalkan isi yang ada pada pancasila, terutama sila pertama yang selalu kita lakukan setiap hari.

“Ada beberapa poin yang mesti menjadi perhatian semua kalangan dalam memaknai nilai dari setiap silanya. Sebab, Pancasila itu setiap silanya mengandung falsafah budaya orang Indonesia,” pungkasnya. (dny/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar