Peristiwa

Ini Cara KSR PMI Pamekasan Peringati Hari HIV/AIDS

Pamekasan (beritajatim.com) – Korp Sukarelawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, menggelar aksi teaterikal hingga bagi-bagi bunga dalam rangka memperingati Hari HIV/AIDS se Dunia di area Monumen Arek Lancor, Minggu (1/12/2019).

Hal tersebut dilakukan oleh jajaran KSR PMI Pamekasan bersamaan dengan momentum Car Free Day (CDF) yang digelar di alun-alun kota yang identik dengan sebutan Bumi Gerbang Salam. Sekaligus menjadi hiburan tersendiri bagi para peserta CDF yang digelar setiap pekan.

Sejumlah anggota KSR PMI Pamekasan, menggelar aksi teaterikal dalam rangka memperingati Hari HIV/AIDS se Dunia di area Monumen Arek Lancor, Minggu (1/12/2019).

“Dalam memperingati Hari AIDS/HIV se Dunia, kami melaksanakan pawai akbar dan orasi tentang bahaya HIV/AIDS. Sekaligus aksi teaterikal dengan tagline ‘jauhi virusnya dan rangkul orangnya’,” kata salah satu orator, Siti Nafiah.

Diakuinya, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya mengajak masyarakat untuk bersama mengetahui tentang bahaya AIDS/HIV. “Sampai saat ini belum ada obat untuk menangani HIV dan AIDS. Akan tetapi ada obat untuk memperlambat perkembangan penyakit tersebut, dan dapat meningkatkan harapan hidup penderita,” ungkapnya.

“Dalam kegiatan yang diikuti PMR Tingkat Madya, Tingkat Wira hingga Tingkat Perguruan Tinggi. Kami juga menggelar aksi cap tangan pada kain putih dan dilanjutkan dengan aksi bagi-bagi bunga bagi masyarakat pengguna jalan maupun para peserta CFD,” jelasnya.

Untuk diketahui, selama ini seringkali HIV/AIDS tertulis dan disebut sebagai satu istilah, sekalipun HIV dan AIDS memiliki arti yang berbeda. HIV merupakan singkatan dari ‘Human Immunodeficiency Virus’, yakni virus yang dapat menyebabkan AIDS. Jika terinfeksi HIV, maka akan dikatagorikan HIV positif.

HIV menyerang sistem kekebalan tubuh yang biasa disebut pertahanan tubuh terhadap penyakit. Jika sistem kekebalan tubuh seseorang telah dirusak oleh virus, maka akan mengembangkan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS). Ini berarti mereka akan mendapatkan infeksi dan penyakit yang mana tubuh mereka biasanya bisa melawan.

Didiagnosa menderita HIV bukan berarti seseorang memiliki AIDS atau mereka akan meninggal, tetapi perawatan akan memperlambat kerusakan pada sistem kekebalan tubuh. Sehingga orang dengan HIV dapat tetap baik, hidup sehat dan memuaskan. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar