Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Ini 3 Potensi Bencana Alam Musim Penghujan di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan, memetakkan titik lokasi potensi bencana alam di wilayah setempat, khususnya memasuki musim penghujan pada tahun ini.

Potensi bencana tersebut, terdapat hampir di seluruh kecamatan di kabupaten Pamekasan. Mulai dari bencana angin kencang maupun puting beliung, bencana longsor hingga bencana banjir atau luapan air akibat intensitas hujan.

“Memasuki musim penghujan tahun ini, kami sudah melakukan berbagai langkah antisipatif sekaligus pencegahan terhadap berbagai potensi bencana alam. Salah satunya dengan pembentukan Tim Satgas Penanggulangan Bencana Terpadu,” kata Personil PusdalOps BPBD Pamekasan, Budi Cahyono, Minggu (28/11/2021).

Pihaknya juga memetakkan potensi bencana pada musim penghujan tahun ini, setidaknya terdapat potensi bencana angin kencang, banjir dan longsor. “Potensi bencana itu berpotensi terjadi hampir di semua titik di Pamekasan. Baik di wilayah selatan, tengah dan pantura,” ungkapnya.

“Untuk potensi angin kencang bisa terjadi di semua wilayah di Pamekasan, untuk banjir di wilayah perkotaan (kecamatan Pamekasan) maupun di wilayah tengah. Sementara untuk longor di wilayah tengah maupun pantura, semisal Kadur, Pakong, Pagantenan, Palengaan hingga Waru,” jelasnya.

Dari itu pihaknya kembali mengingatkan sekaligus mengimbau masyarakat agar selalu waspada, dan melakukan diteksi dini terhadap adanya bencana alam. Terlebih saat ini pihaknya juga juga sudah berkoordinasi dengan sejumlah petugas di lapangan agar memperketat pemantauan dan pengawasan.

“Hal itu sengaja kita lakukan sebagai langkah antisipatif, sehingga ketika terjadi bencana bisa segera diketahui dan segera ditangani oleh petugas. Apalagi saat ini sudah terbentuk Tim Satgas Penanggulangan Bencana Terpadu,” pungkasnya. [pin/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati