Peristiwa

Imbas Corona, Kirab Budaya Wali Songo Gresik Ditunda

Gresik (beritajatim.com) – Imbas masih merebaknya virus corona yang menyerang Indonesia, membuat pawai kirab budaya ‘Wali Songo Gresik’ yang semula digelar Minggu (15/3/2020) dalam rangka memperingati hari jadi Kota Gresik ke 533, dan HUT Pemkab Gresik ke 46 resmi ditunda.

Penundaan tersebut juga ditegaskan oleh Kabag Humas & Protokol Pemkab Gresik, Reza Pahlevi saat dikonfirnasi beritajatim.com, Sabtu (14/03/2020). “Iya benar besok kirab budaya Wali Songo Gresik ditunda, atau di-cancelled sampai batas waktu yang tidak menentu,” ujarnya.

Masih menurut Reza, penundaan kirab budaya tersebut juga berdasarkan surat edaran Gubernur Jawa Timur nomor 443/4146/201.3/2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Covid-19. Isi surat edaran tersebut dimohon Walikota/Bupati se-Jawa Timur untuk melakukan pencegahan terhadap merebaknya virus Covid-19.

“Salah satu point isi surat edaran tersebut meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yaitu dengan Cuci tangan Pakai Sabun (CTPS) dan memfasilitasi seluruh sarana (CTPS) di ruang publik seperti tempat bermain, taman, ruang tunggu terminal, stasiun, dan area publik,” ujarnya.

Sebelum ada penundaan. Kirab budaya Wali Songo Gresik yang sempat vakum selama dua tahun sudah mendatangkan kereta kencana dari Keraton Solo. Selain itu, bupati, wabup, sekda jajaran forum pimpinan daerah (Forkompimda) berpakaian ala wali songo.

Para pejabat tersebut nantinya dikirab keliling Kota Gresik sambil diarak dengan kereta kencana sambil dikawal santri masing-masing sunan. Namun, kirab budaya wali songo itu tidak jadi digelar karena merebaknya virus corona yang terjadi di Indonesia. [dny/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar