Peristiwa

Laporan dari Masjidil Harram Makkah Al Mukarramah

Iedul Fitri Serasa Haji, Dominasi Jamaah dari IPB

Sejak Senin, (3/6/2019) seusai sholat Isya’ mufthi Saudi Arabia yang juga imam besar Masjidil Harram, Syaikh Abdurahman As Sudais mengumumkan bahwa hari Iedul Fitri jatuh hari Selasa 4/6/19,  jutaan jamaah dari belahan dunia yang menjalani umrah akhir Ramadhan di tanah suci Makkah pun mengumandangkan kalimah takbir.

Gema takbir pun bersahut-sahutan dilantunkan para jamaah. Mereka tak surut, bahkan terus mengalir ke Masjidil Harram yang sudah penuh sesak.

Hingga dini hari Selasa (4/6/2019) seperti dilaporkan Ferry Is Mirza dari kawasan Masjidil Haram, jamaah yang didominasi dari IPB: India, Pakistan, dan Banglades terus  mengalir ke masjid yang jadi kiblat ummat muslim sedunia.

Bahkan, daerah Misfalah yang jadi primadona Kota Makkah dan tempat idola para jamaah bermukim, menjelang sholat Subuh, sepanjang jalan dari ujung halaman sisi barat Masjidil Haram sampai lepas flyover arah kawasan Bakhudma (+/- 3 Km) dijejali jamaah.

Praktis para jamaah yang menginap di hotel-hotel di kawasan itu tak bisa keluar ke jalan. Maka, penulis pun harus sholat subuh berjamaah di lobby hotel Al Marsha. Pasalnya, jalan keluar sudah dipenuhi jamaah lain.

Begitu pun jamaah yang tinggal di hotel bintang lima seperti di Zamzam Tower, Milleniun (eks Hilton), Dar Tauhid dan Anjum, meski cuma sejengkal di halaman masjidil Haram pun hanya bisa sholat di lobby dan musholla dalam hotel.

“Ya sama, saya sholatnya di lobby mall Zamzam Tower. Mau keluar tidak bisa,” tutur Mudhofi HS, jamaah asal Kauman, Kabupaten Tulungagung yang  menginap di Pullman hotel sejak malam 26 Ramadhan lalu.

Hal yang sama diakui H Abdullah Umar Basalamah, Ketua Umum APJATI (Asosiasi Pengusaha Jasa Tenagakerja Indonesia). “Saya dan keluarga, sejak malam 27 Ramadhan, sampai Subuh ini, sholat di musholla di lantai lima yang disediakan hotel pas menghadap masjidil Harram,” jawab Ayub, panggilan akrab pengusaha asal Ampel Surabaya yang kini tinggal di Jakarta.

Begitu pun dituturkan Maliki, mukimin lulusan Al Azhar Mesir yang sudah lima tahun ini jadi muthowif. “Di sini (Kuday sebelah utara Masjidil Haram) semua akses roda 4 sejak semalam tak bisa masuk ke Haram.”

Maliki menambah,   Iedul Fitri kali ini serasa sama dengan musim Haji. Dominasi jamaah asal IPB mengungguli jamaah dari ITS (Indonesia, Turkie, dan  Saudi). “Tiga tahun Ramadhan, kali ini yang suasana dan jumlah jamaahnya masya Allah,” jawab Maliki asal Kudus, Jateng yang dihubungi Selasa pagi menjelang sholat Ied. [air/fim]

Apa Reaksi Anda?

Komentar