Peristiwa

Hutan TNBTS di Argosari Terbakar

Petugas melakukan pemadaman kebakaran hutan TNBTS di Argosari Kecamatan Senduro.

Lumajang (beritajatim.com) – Kebakaran melanda kawasan hutan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Deso Argosari Kecamatan Senduro, Kamis (19/9/2019). Lokasi kebakaran berada di Blo Mentigi Renyeng, Jantur, Ledok Bedor dan Blok Po’o terus dipadamkan oleh petugas gabungan dari Polisi Hutan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang dan warga setempat.

Penyebab kebakaran diduga gesekan ranting kering hingga memunculkan asap dan api. Khawatir meluas ke lahan pertanian warga, dilakukan lokalisir titik api.

“Kebakaran di TNBTS dua kali dalama seminggu ini,” kata Kabid Pencegan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo pada wartawan.

Masih kata dia, lokasi kebakaran berada di kawasan hutan Arcopodo dan berhasil dipadamkan oleh pihan TNBTS. Kemudian di Argosari yang merambat ke kawasan pertanian warga.

“Hingga saat ini masih dalam pantauan dan pengawasan petugas gabungan,” paparnya.

Kebakaran yang melanda di kawasan TNBTS diduga kemarau panjang. Sehingga semak belukar, serta ranting pohon kecil edemik Semeru bergesekan menimbulan percikan apik. [har/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar