Peristiwa

Hutan Gunung Lemongan Lumajang Terbakar

Asap Kebakaran Gunung Lemongan Tampak dari Ranu Klakah.

Lumajang (beritajatim.com) – Hutan Konservasi Gunung Lemongan sisi barat mengalami kebakaran. Daerah di atas Desa Alun-alun Kecamatan Ranuyoso Kabupaten Lumajang itu terbakar dan terus merambat ke arah utara menuju kawasan Probolinggo. Api muncul diketahui warga di salah satu dataran tinggi pegunungan Hyang mayoritas vegetasinya adalah ilalang dan perdu.

“Setiap musim kemarau sering terjadi terjadi kebakaran,” kata Doyum salah satu aktivis Laskar Hijau pada beritajatim.com, Selasa (22/10/2019).

Menurut dia, belum diketahui secara pasti penyebab utama terjadinya kebakaran ini. Tapi mengacu pada pengalaman Laskar Hijau dalam menjaga gunung ini selama 10 tahun, kebakaran di gunung Lemongan selalu disebabkan oleh ulah manusia.

“Biasanya ada pembukaan lahan jelang musim hujan, dibakar oknum warga,” jelasnya.

Ketua Laskar Hijau, A’ak Abdullah Al-Kudus mengatakan, penjagaan dan pengawasan di sisi utara gunung Lemongan ini memang sangat lemah. Reboisasi di kawasan ini jarang sekali dilakukan karena keterbatasan sumberdaya yang dimiliki oleh Laskar Hijau.

“Relawan kami terbatas, dan keterlibatan aparat terkait dalam hal ini sangat minim, bahkan bisa dibilang tidak ada” keluh A’ak.

Kawasan utara kabupaten Lumajang setiap musim kemarau selalu terjadi bencana kekeringan. Menurut A’ak, penyebab utamanya adalah karena kawasan hutan lindung gunung Lemongan di sisi utara ini kritis.

“Saya berharap pemerintah segera melakukan penghijauan secara intens di kawasan ini, agar masalah kekeringan yang terjadi setiap tahun bisa teratasi secara berkelanjutan,” ujarnya.

Imbuhnya, Laskar Hijau untuk bisa menghutankan Gunung Lemongan dan memunculkan sumber mata air terus melakukan penanaman bambu petung di kawasan konservasi. [har/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar