Peristiwa

HUT ke 102, Tantangan Damkar Makin Bertambah

Bojonegoro (beritajatim.com) – Hari Ulang Tahun (HUT) Dinas Pemadam Kebakaran ke 102 yang jatuh pada 1 Maret menjadi momentum refleksi bagi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bojonegoro Ahmad Gunawan mengatakan, dalam peringatan hari ulang tahun kali ini merupakan momentum untuk meningkatkan kapasitas lembaga dan personel untuk pelayanan kepada masyarakat.

“Masih banyak PR yang perlu ditingkatkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Termasuk dalam penanganan bencana yang lebih dinamis,” ujarnya, Senin (1/3/2020).

Apalagi, lanjut dia, semakin banyak perkembangan tingkat hunian, industri, maupun pembangunan gedung-gedung baru, membuat tingkat bencana yang dihadapi juga akan semakin bertambah dan relatif. Sehingga kemampuan personel dan peralatan harus selalu bertambah.

“Penyelamatan hal-hal baru ini akan selalu ada. Seperti yang dulu tidak ada dan sekarang ada ini adalah potensi kebakaran gedung bertingkat dan bencana vertical rescue lainnya,” tambahnya.

Sementara diketahui, dalam perayaan HUT Damkar yang ke 102 itu mengambil tema Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang Profesional, Mandiri, dan Melayani dalam Mendukung Adaptasi Kebiasaan Baru. Tema tersebut diambil karena kondisi Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini. [lus/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar