Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Hujan Semalam Ratusan Rumah di Bangkalan Terendam Banjir

Banjir di Bangkalan, Selasa (1/3/2022).

Bangkalan (beritajatim.com) – Ratusan rumah yang ada di Kecamatan Blega dan Kecamatan Arosbaya, Kabupeten Bangkalan, terendam banjir, Selasa (1/3/2022). Banjir ini terjadi akibat intensitas hujan tinggi yang terjadi sejak Senin malam (28/2/2022) hingga Selasa pagi tadi.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Bangkalan, Rizal Morris mengatakan akibat banjir tersebut sebanyak ratusan rumah terendam banjir. Di Kecamatan Blega, banjir terjadi setelah sungai meluap dan air memasuki rumah warga. “Di Blega banjir itu sejak pukul 06.00 WIB sudah meluap dan masuk ke dalam rumah-rumah warga,” terangnya.

Sedangkan di Kecamatan Arosbaya, air mulai memasuki rumah warga pada pukul 07.00 WIB pagi tadi. Selain disebabkan hujan di lokasi tersebut, juga terdapat kiriman air dari arah timur yang mengakibatkan sungai Tambengan meluap. “Rata-rata air di dua lokasi itu berkisar 50 cm hingga 150 cm,” tambahnya.

Adapun wilayah terdampak akibat banjir di Blega yakni di RW 02 Dusun Klabangan sebanyak 59 rumah, RW 03 Dusun Pekadan 81 rumah, RW 04 Dusun Laok Songai 76 rumah, RW 05 Desa Kauman 46 rumah, RW 07 Dusun Sempar 46 rumah, RW 09 Dusun Daya Sungai 120 rumah RW 10 Dusun Karang Kemasan sebanyak 122 rumah. “Untuk wilayah Blega termasuk beberapa masjid, perkantoran, puskesmas, sekolah serta Polsek,” tambahnya.

Sedangkan di Kecamatan Arosbaya, wilayah terdampak yakni di Dusun Buduran Desa Buduran 30 Kepala Keluarga (KK) , di Dusun Ranggujang Desa Arosbaya 40 KK, Dusun Morlorong Desa Arosbaya 15 KK serta di Dusun Ngantemoran Desa Arosbaya sebanyak 20 KK.

“Kami terus lakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan upaya penanganan dan terus memantau debit air. Selain itu juga sudah kami terima instruksi pak Bupati untuk segera menyalurkan bantuan pada warga terdampak,” tandasnya.[sar/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar