Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Hujan Lebat, Belasan Pohon Tumbang di Akses Jembatan Suramadu

Evakuasi pohon tumbang di Suramadu sisi Madura.

Bangkalan (beritajatim.com) – Hujan lebat disertai angin kencang di akses jalan menuju Jembatan Suramadu, sisi Madura, menyebabkan belasan pohon berukuran besar tumbang hingga memenuhi badan jalan. Akibatnya, arus lalu lintas di dua sisi macet total.

Kepala BPBD Bangkalan, Rizal Morris menyebutkan hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Kecamatan Burneh dan Labang selama dua jam. Hal ini menyebabkan sebanyak belasan pohon tumbang.

“Untuk pohon tumbang sebanyak 10 hingga 11 pohon, sementara di Ketengan satu pohon,” tuturnya, Senin (27/12/2021).


Evakuasi pohon tumbang di Suramadu sisi Madura.

Pantauan di lokasi, kemacetan panjang di akses jalan Suramadu dari dua arah. Selain itu, terdapat beberapa bangunan non permanen roboh akibat diterjang hujan lebat. Meski begitu tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Korban jiwa nihil, untuk bangunan yang roboh itu memang sudah rapuh dan itu toko dengan material kayu dan ditinggalkan penghuninya sejak beberapa bulan yang lalu. Sehingga memang rawan roboh,” terangnya.

Selain kejadian tersebut, Rizal juga menyebutkan terdapat hujan es di Kecamatan Labang. Dari rekaman video amatir oleh warga terlihat bongkahan es kecil turun dari langit disertai hujan.

“Fenomena hujan es memang bisa terjadi terutama saat cuaca ekstrem seperti saat ini. Informasi dari BMKG memang terdapat awan Cumulonimbus yang sangat tinggi, dari untuk citra VCUT CMAX terlihat ketinggian awan Cb mencapai 6-8 Km,” jelasnya.

Ia mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati saat cuaca ektrem terjadi. Sebab tak hanya hujan lebat dan angin kencang serta hujan es, namun sambaran petir juga potensi saat ini. [sar/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar