Peristiwa

Hujan Intensitas Tinggi Jebolkan 2 Tanggul di Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) – Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur sebagian wilayah di Ponorogo pada Selasa (18/2/2020) sore. Derasnya air yang mengalir membuat 2 tanggul jebol. Yakni tanggul di Desa Grogol dan Desa Maguwan di Kecamatan Sambit Ponorogo.

“Dengan jebolnya tanggul tersebut, membuat air sungai dua desa itu meluap,” Kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo, Selasa sore.

Jebolnya tanggul ini, kata Budi sapaan akrab Setyo Budiono memiliki ukuran yang bervariasi. Untuk tanggul di Desa Grogol jebol sekitar 3 meter. Sedangkan untuk Desa Maguwan sekitar 4-5 meter jebolnya. Budi menyebut hujan dengan intensitas tinggi yang menyebabkan 2 tanggul tersebut jebol. Luapan air akibat jebolnya tanggul itu menyebabkan beberapa rumah sempat tergenang air.

“Rumah-rumah yang tergenang air ini tidak terlalu lama, masih aman. Kita waspadai jika hujan dengan intensitas tinggi turun lagi,” katanya.

Setelah hujan reda, genangan yang tadi dalam ketinggian 30-40 cm, sudah mulai surut. Tim BPBD Ponorogo, kata Budi pada Selasa sore ini dibagi menjadi beberapa tim. Tim pertama memantau di 2 tanggul yang jebol di daerah Kecamatan Sambit. Tim kedua berjaga-jaga di wilayah kota dan tim ketiga berada di wilayah Kecamatan Kauman.

“Hujan yang berlangsung sejak sore tadi mengguyur sebagian besar wilayah Ponorogo. Perlu beberapa tim untuk melakukan pemantauan dibeberapa wilayah,” pungkasnya.(end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar