Peristiwa

Hujan Intensitas Tinggi, Debit 2 Sungai di Mojokerto Naik

Mojokerto (beritajatim.com) – Hujan dengan intensitas tinggi dan lama yang terjadi di wilayah Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto menyebabkan debit dua sungai di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto naik. Yakni Kali Kromong di Desa Pacet dan Sungai Dawuhan di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, hujan terjadi di wilayah Pacet mulai sekira pukul 11.00 WIB. “Hingga pukul 18.00 WIB, hujan masih hujan intensitas sedang,” ungkapnya, Jumat (27/12/2019).

Akibat hujan lama tersebut menyebabkan peningkatan debit air di beberapa aliran sungai. Diantaranya, Kali Kromong dan Sungai Dawuhan air berwarna coklat pekat. Akibat hujan dengan intensitas tinggi dan lama tersebut, lanjut Zaini menyebabkan kerusakan pada pipa aliran air panas yang menuju kolam air panas.

“Hasil koordinasi terakhir, untuk Wana Wisata Air Panas Padusan Pacet sementara ditutup bagi semua pengunjung sampai dinyatakan aman dan dibuka kembali. Sabtu besok, sekira pukul 07.00 WIB akan dilaksanakan kerja bakti perbaikan pipa dan melaksanakan mitigasi kembali pada aliran Sungai Dawuhan,” jelasnya.

Pihaknya menghimbau agar masyarakat khususnya di wilayah Pacet, Trawas, Gondang, Jatirejo dan Ngoro waspada terhadap perubahan cuaca. Hal tersebut juga berlaku bagi wisatawan, Zaini menambahkan karena akhir Januari 2020 hujan intensitas tinggi dengan ancaman banjir dan longsor.[tin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar