Peristiwa

Hujan Deras, Tebing Jalan Desa di Pacet Mojokerto Longsor

Petugas BPBD Kabupaten Mojokerto bersama TNI/Polri, Dinas PUPR dan potensi relawan membersihkan material longsor. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Hujan deras terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Mojokerto. Akibatnya, tebing jalan desa di Dusun Kambengan, Desa Cempokolimo, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Selasa (2/2/2021) longsor hingga menutup bahu jalan.

Kepala Desa (Kades) Cempokolimo, Mahfud mengatakan, desanya memang kawasan rawan longsor. “Hujan sedikit, gampang longsor. Itu karena kontur tanah dan juga tebing. Setiap kali longsor ya di sini. Sebelumnya di bawah parah,” ungkapnya, Selasa (2/2/2021).

Setiap kali hujan lebat, lanjut Kades, di lokasi yang sama selalu terjadi longsor. Selain karena kontur tanah dan tebing yang terlalu tinggi, lanjut Kades, juga karena tidak ada Tembok Penahanan Tanah (TPT) di lokasi longsor. Sehingga saat hujan turun selalu terjadi longsor.

“Dulu ada. Tapi karena ada pelebaran jalan akhirnya TPT kegusur. Kami berharap agar instansi terkait, Dinas PU membangun TPT seperti dulu. Tidak ada TPT ya gini lagi, longsor dan longsor lagi. Ada banyak rumah di bagian atas, karena memang tanah pekarangan letaknya di atas,” katanya.

Kades menambahkan, jika longsor tambah parah, maka warga yang berada di atas tebing diminta mengungsi ke tempat yang tidak berbahaya. Menurutnya, warga yang berada di atas tebing sudah cukup waspada sehingga saat berbahaya langsung pindah.

Petugas dari BPBD Kabupaten Mojokerto dibantu TNI/Polri, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mojokerto, potensi relawan dan masyarakat masih di lokasi untuk mengevakuasi material longsor. [tin/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar