Peristiwa

Hujan, Tebing di Jalan Raya Cangar-Pacet Mojokerto Longsor

Petugas dari BPBD Kabupaten Mojokerto bersama TNI/Polri dan potensi relawan mengevakuasi material longsoran di Jalan Raya Cangar-Pacet, Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto.

Mojokerto (beritajatim.com) – Tebing di Jalan Raya Cangar-Pacet di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Senin (25/1/2021) dini hari longsor. Longsor terjadi lantaran di sekitar lokasi hujan turun sehingga terjadi longsor dan menutup separuh jalan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, tebing di Jalan Raya Cangar-Pacet longsor sekira pukul 03.00 WIB. “Akibatnya, separuh jalan penghubung Cangar-Pacet tertutup material tanah,” ungkapnya.

Masih kata Zaini, material tanah dan bebatuan tebing tersebut menutup separuh jalan alternatif Batu-Mojokerto dengan ketebalan 10 meter dan tinggi 10 meter. Team Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Mojokerto bersama TNI/Polri, Tahura, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mendatangi lokasi.

“Sekitar pukul 10.00 WIB, material berupa batu dan tanah berhasil dievakuasi secara manual. Saat ini, kondisi di wilayah Kabupaten Mojokerto terpantau aman terkendali. Namun masih dibutuhkan penangganan lebih dari Dinas PUPR mengingat tebing tidak plengsengan,” katanya.

Petugas dari BPBD Kabupaten Mojokerto bersama TNI/Polri dan potensi relawan mengevakuasi material longsoran di Jalan Raya Cangar-Pacet, Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto.

Pihaknya khawatir terjadi longsor susulan. Sehingga, tegas Zaini, penangganan selanjutnya dari Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto karena dibutuhkan alat berat. Alat berat digunakan untuk mengangkat material longsor dari lokasi kejadian.

“Kondisi tanah atau tebing di lokasi kejadian masih belum stabil dikarenakan tidak ada plengsengan yang menahan pergerakan tanah apabila terjadi hujan lebat dan lama dikhawatirkan terjadi longsor susulan,” tegasnya. [tin/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar