Peristiwa

Hujan Deras, Penahan Jalan di Mojokerto Ambrol

Penahan jalan di Desa Manting, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto yang ambrol.

Mojokerto (beritajatim.com) – Panahan jalan di Dusun Jembul Lor, Desa Manting, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto ambrol. Ambrolnya penahan jalan sepanjang 50 meter dengan ketinggian 3 meter ini ambrol setelah diguyur hujan deras selama empat jam.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, penahan jalan di Dusun Jembul Lor, Desa Manting, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto ambrol pada, Minggu (31/10/2020) malam.

“Panahan jalan di Dusun Jembul Lor, Desa Manting, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto ambrol pada Minggu malam sekira pukul 22.00 WIB. Sebelumnya, pada siang harinya sekira pukul 14.00 WIB hujan deras terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Mojokerto,” ungkapnya, Selasa (3/11/2020).

Masih kata Zaini, tak terkecuali di wilayah Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto. Hujan deras turun di wilayah Jatirejo terjadi hampir empat jam lamanya. Mulai pukul 14.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Akibat hujan deras dengan intensitas lama tersebut menyebabkan debit Sungai Manting tak bisa menahan air.

“Debit air di Sungai Manting mengalami peningkatan sehingga tak mampu menahan lagi. Akibatnya, air di Sungai Manting meluber ke jalan dan menggerus tanah penahan jalan. Penahan jalan sepanjang 50 meter dengan ketinggian 3 meter akhirnya ambrol,” katanya.

Saat ini, lanjut Zaini, jalan di Dusun Jembul Lor, Desa Manting, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto hanya bisa dilewati kendaraan satu arah dengan tanpa muatan. Upaya yang dilakukan saat ini yakni membuat pembatasan akses jalan menuju Desa Manting dan BPBD juga berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk tindak lanjut. [tin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar