Peristiwa

Hujan Deras, Kawasan Perumahan Sambiresik Asri Kediri Banjir

Kediri (beritajatim.com) – Perumahan Taman Sambiresik Asri, Kabupaten Kediri dilanda banjir. Peristiwa terjadi karena hujan lebat sejak Rabu (6/1/2020) sore kemarin.

Hujan disertai angin kencang yang menyebabkan luapan sungai di lingkungan perumahan RT 1 RW 9,Desa Sambiresik, Kecamatan Gampengrejo, sebanyak 59 Kepala Keluarga. “Ini luapan air dari sawah sebelah timur perumahan. Disebelah Timur ada sungai. Sungai itu meluap, terkena imbas ke sawah terus masuk ke lingkungan perumahan,” kata Sekertaris Perumahan Taman Sambiresik Asri, Bintara Setyawan, Kamis (7/1/2020).

Banjir mulai terjadi pukul 23.30 malam hari (6/1/2020). Luapan air masuk ke dalam rumah warga.
Akibatnya, barang rumah tangga tergenang air dan kendaraan warga banyak mengalami kerusakan.

Ketinggian air pada areal banjir mencapai 60 sampai 70 Sentimeter. Banyak kasur dan alat tidur yang basah terkena luapan banjir. Serta beberapa warga punya kendaraan pribadi yang berpotensi rusak terendam banjir. “Respon warga kemarin keluhannya yakni terkait sembako. Transportasi untuk membeli makanan keluar belum bisa. Banjir menyebabkan akses jalan terganggu untuk kendaraan pribadi,” ungkapnya.

Sebanyak 59 kepala keluarga terdampak banjir masih menunggu ketinggian air surut. Beberapa inisiatif pendirian tanggul, juga telah dilakukan oleh para warga. “Harapannya, secepatnya ada penanganan dari pihak desa, atau badan yang menangani, untuk penyedotan menggunakan diesel. Agar air surut lebih cepat. Tentunya juga penanganan agar tidak terjadi luapan banjir serupa dikemudian hari,” pungkasnya.

Selain Perumahan Taman Sambiresik Asri. banjir juga merendam lahan pertanian Desa Sambiresik Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri. [nm/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar