Peristiwa

Hujan Deras, Jalan Protokol di Sidoarjo Banjir

Sidoarjo (beritajatim.com) – Hujan deras yang mengguyur beberapa kawasan, termasuk Sidoarjo kota, mengakibatkan sejumlah jalan protokol dari dan menuju Sidoarjo banjir, Rabu (25/12/2019).

Seperti di Jalan Raya Jati, tepatnya bawah tol atau depan Lippo Plaza Sidoarjo. Genangan air di kawasan tersebut mencapai 40 centimeter. Konsentrasi banjir di sisi utara menutupi jalur arah Sidoarjo maupun ke arah Krian. Selain disebabkan karena intensitas hujan, kondisi tersebut juga diduga akibat saluran drainase yang buruk.

Akibat tingginya genangan air, sepeda motor yang melintas di kawasan tersebut harus mogok. Pasalnya, air yang memenuhi jalan, masuk ke mesin kendaraan. “Banjirnya ternyata tinggi sekali. Saya nekat menerobos banjir, karena mau pulang ada keperluan keluarga. Tidak tahunya malah motor saya mogok,” kata Fadilah, salah satu pengndara motor.

Sejumlah anggota Satlantas Polresta Sidoarjo juga bersiaga untuk mengatur arus lalu lintas di lokasi. Petugas kepolisian menghimbau dan mengarahkan pengendara motor untuk memilih jalur alternatif lainnya yang tidak tergenang air.

Kanit Turjawali (Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli ) Satlantas Polresta Sidoarjo Iptu Rohmat mengatakan, genangan air yang tinggi, diduga akibat drainase tidak lancar. Drainase di jalan protokol tersebut tidak mampu menampung tinggi curah hujan, sehingga air meluber ke jalan raya. “Drainasenya tidak lancar,” papar dia saat berada di depan Lippo Plaza. [isa/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar