Peristiwa

Hujan Deras di Kabupaten Malang, Pohon dan Tiang Listrik Roboh

Malang (beritajatim.com) – Hujan deras disertai angin kencang melanda Kabupaten Malang, Jumat (3/1/2020) siang hingga sore ini. Akibat kejadian itu, sejumlah pohon dan sebuah tiang listrik roboh.

Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Penanggulangan Bencana (PB) PMI Kabupaten Malang, Muji Utomo menjelaskan, akibat hujan deras disertai angin kencang tersebut membuat beberapa pohon tumbang. “Pohon tumbang ada tiga lokasi, yaitu di depan BRI Donomulyo, Bantur, dan di selatan Pasar Tumpang,” ucap pria yang akrab disapa Mbah Tomo Jumat (3/1/2020)

Menurut Mbah Tomo, pohon-pohon tersebut juga merobohkan tiang listrik karena kabelnya terjerat ranting serta melintang di ruas jalan. “Seperti di Bantur dan Kecamatan Tumpang, pohon roboh dan menimpa kabel jaringan listrik yang menyebabkan tiang listrik ikut roboh,” bebernya.

Untuk di Bantur dan Donomulyo, lanjut Mbah Tomo, sudah diatasi oleh relawan yang ada di dekat wilayah tersebut. “Di depan BRI Donomulyo sudah teratasi. Untuk wilayah Bantur juga sudah diatasi oleh tim Sibat,” terangnya.

Mbah Tomo melanjutkan, khusus di wilayah Tumpang, saat ini masih dilakukan pembersihan lokasi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Sekedar informasi, berdasarkan rilis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Surabaya, di Malang Raya masih berpotensi terjadi Hujan Sedang-Lebat yang dapat disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang pada Jumat (3/1/2020) mulai pukul 14:20 WIB.

Adapun daerah yang terdampak di Kota Batu yaitu : Junrejo, Batu, Kabupaten Malang antara lain, Ngantang, Wajak, Poncokusumo, Tumpang, Tajinan, Kepanjen, Tirtoyudo, Ampelgading, Sumber Manjing Watan, Sumber Manjing Kulon, Kasembon, Pujon, Dau, Wagir, Ngajum, Pakisaji, Sumber Pucung, Bululawang. Sedangkan untuk wilayah Kota Malang di Seluruh Kecamatan yang ada.

BMKG memprediksi musim penghujan di Jawa Timur masih akan terus berlangsung hingga April atau awal Mei 2020, yang bisa menyebabkan banjir, angin kencang dan pohon tumbang. (yog/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar