Peristiwa

Hujan Deras, Banjir Terjang Denanyar Jombang

Warga Dusun Denanyar Selatan sedang melintasi di jalan yang banjir setinggi 60 cm, Jumat (2/12/2022)

Jombang (beritajatim.com) – Hujan deras yang mengguyur kawasam Jombang dan sekitarnya membuat Dusun Denanyar Selatan Desa Denanyar Kecamatan/Kabupaten Jombang, banjir, Jumat (2/12/2022). Kondisi terparah di perumahan yang ada di dusun tersebut. Ketiggian air di jalan antara 50 hingga 70 cm.

Suwanto (38) warga setempat mengatakan, hujan deras mengguyur Denanyar sejak pukul 14.00 WIB. Hujan berlangsung lama. Kemudian air dari jalan raya masuk ke area persawahan. Dari persawahan mengalir ke perkampungan/perumahan. “Jalan raya lebih tinggi dari perumahan. Sehingga air bermuara di perumahan. Dari sawah juga masuk ke sini,” kata Wanto.

Wanto mengatakan bahwa banjir di wilayahnya sudah menjadi langganan, utamanya saat hujan deras. Namun biasanya, air tidak bertahan lama. Ketika hujan berangsur reda, banjir juga berangsur surut. “Karena jalan raya terus ditinggikan, sedangkan perumahan tetap,” katanya.

Wanto mengatakan air yang masuk rumahnya dengan ketinggian 50 centimeter. Sedangkan air di jalan desa antara 50 hingga 70 centimeter. Tentu saja hal itu menganggu aktivitas warga. Mereka lebih memilih berada di rumah ketimbang melakukan aktivitas lainnya. “Mudah-mudahan segera surut,” urainya.

Hal senada diungkapkan Utami Dewi (49), warga lainnya. Banjir sering menerjang perumahan yang ia huni. Itu sudah berlangsung lama. Dewi menyebut kawasan perumahan terdapat 60 rumah. “Setiap hujan kayak gini pasti banjir. Karena tempat kami lebih rendah,” kata Dewi. [suf/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar