Peristiwa

HPN 2020, PWI Sumenep Gelar Safari Jurnalistik ke SMA

Sumenep (beritajatim.com) – PWI Kabupaten Sumenep menggelar Safari Jurnalistik ke SMA-SMA dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional 2020 dan HUT ke-74 PWI.

Pada Kamis (06/02/2020), Safari Jurnalistik dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Sumenep, diikuti siswa kelas X dan XI.

“Safari jurnalistik ini kami lakukan, agar para siswa SMA mengerti dasar-dasar menulis berita,” kata Sekretaris PWI Sumenep, Syamsul Arifin.

Wartawan Harian Bhirawa ini menjelaskan, PWI ingin para siswa mengerti kisi-kisi penulisan berita, terutama ‘straight news’. Selain itu, agar para siswa bisa membedakan tulisan berupa berita di media massa dan media sosial.

“Ada beberapa kode etik penulisan berita yang harus dipatuhi. Tidak sekedar menulis seperti yang banyak dilakukan di medsos. Nah ini adik-adik siswa harus tahu, seperti apa standar penulisan berita di media massa,” ucapnya.

Sementara Kepala SMA Muhammadiyah 1 Sumenep, Bahrus Surur mengaku berayukur sekolah terpilih sebagai salah satu lokasi pelaksanaan Safari Jurnalistik. Baginya, ilmu penulisan berita akan sangat berarti bagi siswanya.

“Disini ada ekskul jurnalistik. Jadi sangat pas pemberian materi jurnalistik disini, untuk menambah pengetahuan anak-anak tentang menulis berita” ujarmya.

Ia berharap agar pelatihan jurnalistik seperti ini dilakukan secara berkesinambungan, agar para siswa yang berminat menjadi wartawan punya bekal bagaimana menulis berita yang baik.

“Apalagi di SMA Muhammadiyah ini ada majalah dinding, produk para siswa. Mading kami pernah mendapat penghargaan sebagai mading terbaik. Tentu saja pelatihan jurnalistik seperti ini akan mampu meningkatkan kualitas tulisan siswa,” ucapnya. [tem/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar