Peristiwa

Hingga Kloter 60

26 Jemaah Tertinggal di Tanah Suci

Jemaah haji Debarkasi Surabaya yang pulang dan sudah sampai di Asrma Haji Sukolilo, Surabaya, belum lama ini. [manik priyo prabowo]

Surabaya (beritajatim.com) – Hingga kloter 60, sejumlah jemaah haji Debarkasi Surabaya sudah pulang ke Indonesia. Hanya saja, masih ada 26 haji Debarkasi Surabaya yang harus ditinggal lantaran sakit parah.

Dari total jemaah haji yang ditinggal tersebut, sebagian merupakan haji yang sakit sejak proses pemberangkatan maupun pemulangan. “Seingat saya ada 26 haji yang ditinggal. Angkanya naik turun, soalnya ada yang sudah pulang tapi kloter selanjutnya ada yang menyusul masuk rumah sakit di Arab Saudi,” jelas Jamal, Kepala Bidang Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh Kementerian Agama Kanwil Jatim, Minggu (8/9/2019).

Jamal memaparkan, dari angka tersebut sebelumnya sudah tersisa beberapa. Hanya saja, karena kondisi cuaca ekstream hingga 40 drajat celsius, para haji kategori risti (risiko tinggi) mengalami sakit.

Sakit bawaan, begitulah yang tercatat di Kementerian Kesehatan. Jamal memaparkan, penyakit bawaan yang diidap para haji adalah sakit jantung, anemia, demensia (pikun) dan sakit gula. “Karena panas di negara Arab Saudi membuat para haji sakit dan faktor kelelahan juga menjadi penyebab utama haji sakit,” tandasnya. [man/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar