Peristiwa

Hindari Plastik, Wadah Daging Kurban Diminta Pakai Bahan Ini

Ponorogo (beritajatim.com) – Menjelang Hari Raya Idul Adha yang diperkirakan akan jatuh pada Minggu (11/8/2019), Pemkab Ponorogo menghimbau agar masyarakat mengurangi penggunaan plastik. Ketentuan itu berdasarkan Surat Edaran Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya, nomor SE.8/PSLB3/PS/PLB.0/5/2016 tertanggal 31 Mei 2016.

Surat edaran tersebut berisi tentang pengurangan sampah plastik melalui kantong belanja plstik sekali pakai tidak gratis. “Berdasarkan surat edaran dari kementerian itu, bupati mengimbau adanya pengurangan penggunaan plastik pada Hari Raya Kurban tahun ini,” ata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sapto Djatmiko, saat dihubungi lewat sambungan telepon, Selasa (7/8/2019).

Sebagai alternatif wadah dalam pendistribusian daging hewan kurban, Pemkab Ponorogo menghimbau masyarakat untuk menggunakan besek (anyaman dari bambu) atau daun pisang. “Karena besek dan daun pisang itu lebih ramah dengan lingkungan,” katanya.

Surat imbauan dari Bupati Ipong Muchlissoni itu ditujukan selain untuk masyarakat juga kepada ketua Muhammadiyah dan NU setempat. Selain itu juga kepada camat dan ketua ta’mir masjid yang berada di Ponorogo.
“Imbauan ini bagus karena untuk mengurangi penggunaan kantong plastik atau kresek di hari raya Kurban ini,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar