Peristiwa

Hilal Terlihat di Bukit Condrodipo Gresik, Awal Ramadan Besok

Gresik (beritajatim.com) – Tim Balai Rukyat Lembaga Lajnah Falakiyah PCNU Gresik, memastikan awal Bulan Ramadhan 1440 H dipastikan besok, yakni Senin (6/5/2019). Pasalnya, berdasarkan hasil rukyat dan disaksikan berbagai unsur seperti perguruan tingg, hilal sudah kelihatan pada pukul 17.24 WIB selama 4 menit.

Salah satu perguruan tinggi yang menyaksikan adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya. Bahkan terkait dengan itu ada tiga orang saksi yang melihat hilal di Balai Rukyat NU Bukit Condrodipo, Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Gresik.

Salah satunya H. Ihwanudin, H. Sholahudin, dan KH. A.Asyar dari tim Lembaga Falakiyah PCNU Gresik. “Posisi hilal di sebelah utara matahari dan terlihat jelas,” ujar H Ihwanudin salah satu tim Lembaga Lajnah Falakiyah PCNU Gresik, Minggu (5/5/2019).

Masih menurut H.Ihwanudin, selain dirinya juga ada empat orang lagi yang melihat hilal pada pukul 17.24 WIB selama 4 menit dengan kemiringan di selatan matahari. “Saat itu kondisi langit di ufuk barat sangat cerah. Kondisi matahari terlihat terakhir kali pukul 17.24 WIB. Atas asar itu kami laporkan ke Lembaga Lajnah Falakiyah PCNU, dan Kemenag Gresik sebagai bahan pertimbangan,” ungkapnya.

Sementara, Plt Kepala Kantor Kemenag (Kemenag) Gresik M.Munir menyatakan usai melakukan rukyat. Dirinya, barusan menerima hasil rukyat yang dikaksanakan oleh tim Lembaga Lajnah Falakiyah PCNU Gresik. “Tim rukyat sudah melihat hilal. Sesuai sidang Isbat Kemenag Gresik dengan ini melaporkan awal Ramadan 1440 H adalah besok. Sebab, hilal sudah terlihat. Berdasarkan hal tersebut mengabulkan pemohon,” pungkasnya. [dny/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar